HousingEstate, Jakarta - Borongan atau Cost and Fee

Pelaksanaan pembangunan oleh kontraktor atau tukang bangunan bisa dilakukan dalam dua sistem: borongan atau cost and fee. Anda bisa memilih salah satu. Dalam sistem borongan pemilik cukup menyiapkan dana dan menerima hasil jadi dari kontraktor. Umumnya penghitungan RAB mengacu pada sistem borongan.

Rincian harga material, volume pekerjaan dan ongkos jasa tukang sudah dihitung di dalamnya. Jasa tukang tidak lagi diperhitungkan per hari atau per minggu, tapi dimasukkan per satuan pekerjaan. Ketentuan harga dan termin pembayaran telah disepakati bersama antara pemilik dan kontraktor. “Jangan terjebak dengan tukang atau kontraktor yang menawarkan harga pembangunan per meter persegi tanpa mengetahui rincian spesifikasi material dan harga satuannya,” kata Ivan.

Sedangkan pada sistem cost and fee umumnya pemilik yang melakukan penyediaan material, kemudian menyewa jasa tukang/kontraktor untuk pembangunan. Sistem pembayaran tukang bisa harian atau mingguan tergantung kesepakatan dengan kepala tukang (mandor). Penghitungan RAB di sini hanya menganalisa harga material dikalikan volume kerja, tanpa ongkos tukang karena dibayarkan terpisah. Diyah