HousingEstate, Jakarta - JAKARTA, Housing-Estate.com –Serpong, Tangerang Selatan, merupakan salah satu pusat pengembangan perumahan di dekat Jakarta. Lokasi perumahannya sebagian dekat stasiun Rawa Buntu dan Serpong yang disinggahi kereta komuter line Serpong – Tanah Abang. Sedikitnya ada enam perumahan aktif dipasarkan. Dari jumlah itu tiga diantaranya lokasinya dalam radius 500 m – 2 km dari stasiun, yakni BSD City (6.000 ha), Serpong Serpong Lagoon, dan Serpong Garden.

Serpong Garden (50 ha) di Jl Raya Cisauk lebih dekat dengan stasiun Cisauk. Keduanya hanya berjarak sekitar 500 meter. Stasiun ini disinggahi kereta komuter line Parung Panjang – Tanah Abang. Sedangkan dua perumahan lainnya lebih dekat dengan stasiun Serpong. Berbeda dengan BSD City yang membidik segmen menengah atas, Serpong Lagoon dan Serpong Garden masih menawarkan rumah di bawah Rp500 juta. Bangunan rumahnya 33-39 m2 dengan kaveling 60-72 m2. Dipasarkan juga rumah Rp500 jutaan ke atas.

Sementara BSD City yang berskala kota dengan fasilitas komplit yang termurah Rp1,8 miliar (116/105) di klaster Prestigia. Township dari Sinarmas Land ini cukup dekat dengan stasiun Serpong dan Cisauk. Beberapa klasternya seperti Greencove, The Icon termasuk kawasan Edutown hanya beberapa ratus meter dari stasiun Cisauk. Bekerja sama dengan PT KAI, BSD City berencana mengembangkan stasiun yang lebih representatif dan nyaman dilengkapi sejumlah fasilitas dan tempat parkir luas. Penumpang dapat memarkir kendaraannya di stasiun sebelum naik kereta. Masih ada Serpong Natura (205 ha) di Jl Gunung Geulis (Muncul) tapi jaraknya sekitar 4-5 km dari stasiun Serpong. Perumahan dari kelompok usaha PT Sentul City Tbk ini memasarkan rumah Rp500-700 jutaan. Sudah dipasarkan tiga klaster dengan jadwal serah terima rumah dua tahun mendatang.

Perumahan di sekitar stasiun Rawa Buntu dikembangkan dalam radius 4-6 km, antara lain Serpong Jaya (25 ha), Bukit Dago (100 ha), dan Serpong Bali Resort (4,7 ha). Dua perumahan pertama harganya mulai Rp500 jutaan, sedangkan Serpong Jaya di atasnya. Dari ketiga perumahan itu Serpong Bali Resort paling jauh dari stasiun. Pras

Perumahan Stasiun/Jarak
BSD City Serpong dan Cisauk (500 m – 1 km)
Serpong Garden Cisauk (500 m)
Serpong Lagoon Serpong (1 km)
Serpong Natura Serpong (4-5 km)
Serpong Jaya (Rawa Buntu (4 km)
Bukit Dago Rawa Buntu (6 km)
Serpong Bali Resort Rawa Buntu (6 km)