Pakai Exhaust Fan

Bila bukaan alami tidak mungkin diterapkan karena bangunan sudah menempel dengan rumah tetangga, Anda bisa memakai alat bantu mekanis seperti exhaust fan atau ventilating fan (penyedot udara), untuk mengatur sirkulasi udara di ruangan.

Menurut sumber dari PT KDK, salah satu produsen exhaust fan, alat itu akan menyedot udara dari luar lalu melepasnya keluar. “Alat ini cukup efektif membantu proses pergantian udara di ruangan,” katanya.

Agar bisa bekerja maksimal, pemilihan exhaust fan sebaiknya disesuaikan dengan fungsi ruang. Kamar mandi, misalnya, membutuhkan 6 – 10 kali perputaran udara per jam, kamar tidur 2 – 4 kali, dan ruang tamu 4 – 6 kali.

Di pasaran exhaust fan terdiri dari model baling-baling (propeler fan) dan sirocco fan. Propeler fan sering dipakai di hunian, sedangkan jenis kedua lebih banyak di perkantoran atau pabrik. Ada yang dipasang di dinding (wall mount), di plafon (ceiling mount), dan di jendela (window mount) dengan daya 15 – 36 watt. Harga propeller fan merek KDK antara Rp150 – Rp350 ribu/unit.

Tak mengapa ruangan memakai AC dan exhaust fan sekaligus. Yang penting tidak dinyalakan berbarengan. Pasalnya, meski terjadi pergantian udara, udara sejuk AC akan hilang tersedot exhaust fan. Konsumsi listrik pun tinggi. “Pakai AC di kamar tidur saat membaca atau menonton. Kalau tidur matikan AC dan nyalakan exhaust fan,” katanya.

Untuk memilih exhaust fan sesuai dengan fungsi ruang, ukur volume ruang lalu kalikan dengan perputaran udara yang dibutuhkan ruang. Pada kamar mandi berukuran 3 x 4 x 3, total volume udara yang bergerak di dalamnya adalah total luas ruangan 36 m2 x 6 kali perputaran = 216 m2.

Mintalah produsen exhaust fan menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan volume udara itu atau lebih. PT KDK, misalnya, menyediakan layanan itu gratis. Untuk itu konsumen cukup mengirimkan denah ruang yang akan dipasang exhaust fan.

Pemasangan exhaust fan sebaiknya bersilangan dengan bukaan depan agar perputaran udara bekerja maksimal. Misalnya, pada ruang tidur, exhaust fan diletakkan di sudut belakang ruangan, yang arahnya bersilangan dengan pintu masuk.

Laman: 1 2