HousingEstate, Jakarta - Rumah Budaya Fadli Zon di Bukittinggi, Sumatera Barat, yang diresmikan beberapa bulan lalu terus menambah kekayaan budayanya. Bersamaan dengan perhelatan mengenang hari wafat pahlawan nasional diresmikan juga patung Tan Malaka. Rumah Budaya itu dibangun Fadli Zon, mantan aktifis mahasiswa yang sekarang menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Rumah tersebut berlokasi di Nagari Aia Angek di jalan lintas Suamtera Padang Panjang-Bukittinggi.  “Ini bentuk kepedulian kita terhadap para pahlawan yang sudah bersusah payah merebut kemerdekaan pada zaman penjajahan,” kata Fadli Zon di  Aia Angek Cottage, Bukittinggi, Jumat (21/2).

Tan Malaka seorang pejuang revolusioner dan sosok intelektual pada zaman Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).  Dia punya peran penting dan menonjol selama masa perjuangan kemerdekaan. Atas jasanya itu Fadli Zon mengabadikan sosoknya dalam bentuk patung dari perak agar generasi sekarang terus mengingatnya. Tan Malaka sendiri putra daerah dari Nagari Pandam Gadang, Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Barisan koleksi keris dan benda-benda budaya dipajang di Rumah Budaya

Barisan koleksi keris dan benda-benda budaya dipajang di Rumah Budaya

Patung karya Bambang Win itu merupakan patung diri Tan Malaka yang pertama di Indonesia. Patung ini melengkapi sekian banyak benda sejarah yang ada di Rumah Budaya. Hengki, salah satu keluarga Tan Malaka, mengucapkan terima kasih kepada Rumah Budaya Fadli Zon yang telah mengenang jasa sesepuhnya. “Kita sangat berterima kasih dengan adanya acara mengenang dan sekaligus peresmian patung Tan Malaka di Rumah Budaya ini,” ucapnya diampingi belasan keluarga besarnya, seperti dikutip Antara. (**)