HousingEstate, Jakarta - Pindah rumah bisa menjadi sangat menyenangkan karena menawarkan suasana serta lingkungan yang baru. Tapi membayangkan harus mengangkut aneka perabot rumah tangga dan menatanya kembali di rumah baru juga bisa membuat stres. Untuk menghindari kemungkinan itu Anda bisa menggunakan jasa perusahaan pindah rumah.

Menurut Ruslan Efendi, pemilik perusahaan jasa pindahan Era Mover Indonesia (PT Era Citta Kreasindo), layanan yang diberikan perusahaan jasa pindahan mencakup pengepakan (packing), bahan untuk mengepak (material packing), transportasi, tenaga bongkar muat, sampai penataan kembali di tempat yang baru. Pendeknya pemilik rumah tidak dipusingkan lagi dengan segala proses pindahan.

Perusahaan jasa pindahan akan menentukan besar kecilnya biaya sesuai jarak, jumlah barang, dan pengepakan. “Makanya sebelum menentukan ongkos kita akan melakukan survei untuk mengetahui volume barang yang akan diangkut, akses jalan ke rumah baru, material packing yang akan digunakan, menentukan jenis dan ukuran truk, jumlah tenaga kerja,” katanya.

Perhitungan biayanya sendiri ditentukan per meter kubik (m3). Berat maksimal per meter kubik 200 kg, bila bobotnya lebih dari itu perhitungan harganya menjadi lebih mahal. Menurut Ruslan, harga per meter kubik berkisar Rp150 -250 ribu. /m3 dengan minimal 10 m3 untuk kawasan Jakarta. PT Era Citta Kreasindo juga melayani jasa pindahan ke luar Jabodetabek. “Dari Jakarta ke Bandung biayanya sekitar Rp300 ribu-Rp400 ribu/m3,” ujarnya.

Semua barang yang dipindahkan akan tercantum di packing list yang seluruh prosesnya akan dilakukan di depan pemilik.  Setelah semua ter-packing dan masuk ke dalam truk, pemilik disarankan untuk ikut mengawal dan memantau proses kepindahan itu.

Untuk barang-barang berharga seperti kristal dan barang-barang koleksi seperti lukisan, pemilik barang disarankan untuk mengasuransikannya dengan premi sekitar 0,3 persen dari nilai barang. Ruslan mengatakan, material packing terdiri dari karton box, bubble pack, wrapping paper, styrofoam, foam sheet, sampai plywood. “Barang pecah belah dikemas sedemikian rupa sehingga kalaupun jatuh dia tidak pecah,” katanya.  Yudis