HousingEstate, Jakarta - Transjakarta koridor II Pulogadung-Harmoni diperpanjang hingga Kota Harapan Indah (KHI) di Jl Bekasi Raya (Jl Sultan Hamenghkubuwono) Bekasi. Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar, dengan perpanjangan rute ini masyarakat diharapkan mau beralih menggunakan bus Transjakarta sehingga mengurangi kendaraan yang masuk ke ibukota.

Untuk melayani rute ini pihak Transjakarta sudah menyiapkan lima armada bus dan delapan halte. Ke-8 halte tersebut berada di Jl Raya Bekasi KIP, Jl Raya Bekasi Tipar Cakung, Cakung United Tractors, Jl Raya Bekasi Pasar Cakung, Jl Raya Bekasi Cakung Cilincing, Jl  Raya Bekasi Pulo Gebang, Jl Raya Bekasi Ujung Menteng, dan Kota Harapan Indah.

Kepala Unit Pelayanan (UP) Tranjakarta, Pargaulan Butarbutar, mengatakan, perpanjangan rute ini merupakan upaya peningkatan pelayanan serta untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan penumpang yang ada di luar Jakarta. “Perpanjangan rute ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan penumpang dari kota penyangga,” katanya.

Lima bus tambahan yang disediakan akan menempuh jarak sepanjang 7,61 km dari Pulogadung-KHI yang sudah dilengkapi dengan kamera CCTV dan global position system (GPS). UP Transjakarta juga sudah menyiapkan sarana lain terkait kondisi di lapangan mulai dari uji coba kendaraan, petugas keamanan di dalam bus, kasir, cleaning service, dan dukungan sarana lainnya untuk kenyamanan penumpang. Yudis