HousingEstate, Jakarta - Seiring kian banyaknya  penggunaan bahan bangunan untuk perumahan, PT Adiwisesa Mandiri Building (AM) meluncurkan program Ayo Membangun. Program yang juga merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan (corporate social responsibility-CSR) ini memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para aplikator dan tukang bangunan khususnya untuk aplikasi produk AM. AM adalah produsen bahan bangunan tile adhesive dan pelapis anti bocor.

Program ini sudah berlangsung sejak sejak tahun 2010 dan sudah ribuan tukang yang dilatih. Peresmian program ini dilakukan bersamaan dengan ulang tahun AM ke-26 tahun. Pelatihan dilaksanakan selama setengah hari sebanyak 20-30 tukang. “Targetnya tahun ini kami bisa melaksanakan program Ayo Membangun hingga 100 kali,” ujar Susy Darmayanti, President Director AM, kepada housing-estate.com pada peluncurkan program ini di ajang pameran bahan bangunan, di Jakarta, Sabtu (14/6).

Pelatihan berlangsung di beberapa tempat, di pabrik AM, distributor, toko, dan lokasi proyek. Program pelatihan tukang ini dilaksanakan karena , menurut Susy, saat ini 80 persen tenaga aplikator masih menggunakan campuran semen biasa untuk pengerjaan seluruh finishing bangunan. Misalnya untuk memasang keramik lantai dan dinding, acian, mengisi nat, semuanya menggunakan semen dengan kadar campuran air yang berbeda sehingga campurannya tidak terukur dengan kualitas tidak seragam.

Teknik ini membuat pemasangan material tidak maksimal sehingga bisa menyebabkan masalah, seperti popping, amblas, bercak pada dinding, dan sebagainya. Masyarakat belum terbiasa menggunakan produk khusus karena dianggap mahal dan merepotkan. Padahal untuk setiap bagian ada produk khususnya.

AM memiliki sekitar 22 rangkaian produk untuk digunakan sesuai fungsi dan kegunaannya. Semuanya berbahan dasar semen, namun dengan campuran dan additive tambahan sehingga hasilnya lebih baik disesuaikan dengan peruntukannya. Yudis