HousingEstate, Jakarta - Ciputat boleh saja masuk administrasi Tangerang Selatan, tapi aura dan wilayahnya lebih dekat dengan Jakarta Selatan. Keduanya hanya terpisah Kali Pesanggrahan. Dari kampus UIN Ciputat ke Lebak Bulus atau Pondok Indah, Jakarta Selatan, sekitar 20 menit. Akses bagus, infrastruktur memadahi, dan kendaraan umum melintas 24 jam. Jangan heran mini realestat tumbuh menjamur di Ciputat. Tidak cuma menjamur, tapi juga semakin eksklusif.

Lokasinya sebagian besar di sekitar kampus UIN, sebagian lainnya di koridor Jl Raya Cirendeu dan Pondok Cabe.  Misalnya di Jl Kertamukti, Jl Gunung, Jl Cenderawasih, Jl Cirendeu Indah 3, Jl Pondok Cabe Raya, Jl Tarumanegara, dan Jl Cimandiri-Martadinata. Segmennya menengah hingga menengah atas. Kecuali Trevista Ciputat di Jl Cipunagara, Cipayung, yang memasarkan rumah Rp500-600 jutaan, perumahan lainnya paling murah Rp700 jutaan. Bahkan, mayoritas harganya Rp1 – 2 miliar.

Perumahannya antara lain d’Arden, Cirendeu Premiere, the Upperhouse Residence, Grand Pinang Cirendeu, D’Amour Mansion, Grand Cenderawasih, Ciputat Residence One. Itu belum menyebut beberapa mini realestat yang lebih dulu dipasarkan dan hampir habis, seperti Bale Pratama, Legoso Asri, Paris Residence.

D’Amour Mansion dan Ciputat Residence One termasuk paling baru dipasarkan. Ciputat Residence One di Jl Cimandiri di belakang pusat belanja Tip Top memasarkan 64 rumah tipe 80 dan 110 seharga Rp788 juta (80/84) – Rp938 juta (110/108). Tipe 80 dilengkapi kamar 3+1. Sementara D’Amour di Jl Cirendeu Indah 3, dekat RSIA Lestari, semuanya  tipe 145 seharga Rp2,1 – 2,2 miliar.

Grand Cenderawasih Asri di Jl Cenderawasih (setelah flyover Ciputat) sebagian rumahnya sudah selesai dibangun. Pengembangannya cukup rapi dan lingkungannya hijau. Perumahan yang masih satu pengembang dengan Legoso Asri dan Grand Bintaro Asri ini memasarkan tipe terkecil 82/69 seharga Rp802 juta. Tipe terbesar (138/148) Rp1,6 miliar. D’Arden Residence yang tinggal memasarkan 8 unit seharga Rp918 juta (104/102) – Rp1,4 miliar (104/225) lokasinya dekat Fakultas Kedokteran UIN di Jl Kertamukti.

Dari sekian perumahan itu the Upperhouse Residence di Jl Raya Pondok Cabe satu-satunya yang menawarkan konsep baru. Rumahnya tiga lantai dengan desain simpel dan green. Selain banyak bukaan, bangunannya dilengkapi greenwall, dan space di lantai dua untuk menanan pohon. Lantai dasar untuk ruang servis (garasi, dapur, kamar pembantu), latai satu untuk ruang keluarga, pantry, dan ruang makan), sementara lantai tiga untuk ruang privat (kamar anak dan kamar utama). Pras