HousingEstate, Jakarta - Para produsen  AC (air conditioner) terus melakukan inovasi produk. Kalau selama ini penggunaan pengatur udara ini satu untuk beragam jenis ruang, belum lama ini Samsung merilis AC room series untuk aplikasi di ruang berbeda. Yaitu, master bedroom series (untuk kamar tidur utama) dengan fitur good sleep mode yang mengatur suhu ruang tetap stabil selama anda tidur, kids room series (kamar anak) yang dilengkapi virus doctor untuk menonaktifkan virus, bakteri, dan allergen (pemicu alergi) dengan cara mengubahnya menjadi uap air yang tidak berbahaya, dan living room series (ruang keluarga) dengan fitur fast & comfort colling yang mendinginkan ruang lebih cepat. Ketiganya adalah koleksi Samsung AC Triangle Design (berbentuk segitiga) yang dilengkapi fitur Triple Protector+ anti pemutusan arus pendek, anti ketidaksetabilan listrik, dan anti karat.

AC juga diklaim membersihkan udara lebih baik selain menyejukkan, karena dilengkapi filter berkerapatan tinggi (high density filter) dan kipas lebih besar untuk hembusan udara lebih jauh dan merata (hingga 14 meter). “Filternya mudah dibuka dan dibersihkan dengan kain lembab, disikat dan disemprot air, atau di-vacuum. Waktu pembersihan 2,5 kali lebih cepat dibanding AC konvensional,” kata Bernard Ang, Consumer Electronics Director PT Samsung Electronics Indonesia.

Karena mudah dibersihkan dan anti karat, kompresor tidak cepat rusak dan Samsung berani memberi garansi kompresor 10 tahun (untuk tipe tertentu). AC yang dipasarkan di Indonesia saat ini berkapasitas 0,5–1 PK dengan daya 320 – 650 W seharga Rp2,8 – 11,5 juta/unit. AC dirancang dengan finishing crystal glossy yang memberi kesan transparan dan elegan.

Hembusan tak langsung

Sementara Sharp (Jepang) meluncurkan AC All New Sayonara Panas yang diperkaya fitur self cleaning, selain tetap mempertahankan fitur plasmacluster yang menjaga ruangan tetap sehat dan sejuk. Fitur self cleaning selama 40 menit akan membersihkan evaporator di unit indoor AC secara otomatis saat dihidupkan dengan menghembuskan ion plasmacluster. Fitur pendinginan dipercanggih dengan super jetstream supaya ruang lebih cepat adem.

Swing menghembuskan angin dari atas turun ke bawah, bukan sebaliknya seperti model konvensional. Udara yang dihembuskan 30 persen lebih kencang sehingga ruangan cepat sejuk,” kata Frans Wibowo, Product Marketing Manager Sharp Electronics Indonesia.

Ada juga fitur comfort mode yang memastikan kecepatan kipas terkontrol sehingga suhu ruangan stabil, plus baby sleep mode yang membuat hembusan AC tidak langsung menerpa tubuh tapi naik dulu ke plafon baru menyentuh kulit manusia. Jadi, kulit tidak cepat kering. Unit outdoor-nya dibuat lebih kompak dengan kondensor full aluminium tahan karat. Harganya Rp3,5–5 juta/unit (0,5–2 PK dengan daya 330–970 W). Aniza, Amel