HousingEstate, Jakarta - Mimpi memiliki hunian di tengah kota seperti Jakarta, kini hanya mungkin diwujudkan dengan tinggal di apartemen. Pasokan hunian vertikal umumnya ditawarkan di lokasi-lokasi strategis. Salah satunya Cosmo Terrace yang dikembangkan Agung Podomoro Group dan PT Jakarta Propertindo.

Apartemen satu menara yang dipasarkan sebanyak 414 unit ini berlokasi di superblok Jakarta City Center (JaCC) yang diklaim hanya sekitar 150 meter dari Bundaran HI. Yang ditawarkan mulai dari tipe studio seluas 31,12 m2 (semi gross) seharga mulai dari Rp280 juta/unit, sampai satu dan dua kamar (1 & 2 BR/bed room).

Unit-unit apartemen direncanakan menempati lantai 11-39, sedangkan di bawahnya untuk perkantoran. Setiap unit terhubung dengan balkon luar dengan view suasana Metropolitan Jakarta. Berikut adalah ulasan mengenai penataan interior dua unit contoh 1 BR tipe A seluas 36,04 m2 (net) dan 2 BR tipe C seluas 49,55 m2 (net).

Modern Natural

Unit contoh 1 BR untuk eksekutif muda dan 2 BR untuk keluarga muda dengan satu anak, ini dikonsepkan dengan tema modern natural. Unsur alaminya terlihat antara lain melalui pemakaian batu alam travertine dan granit, serta pemilihan motif wall paper bernuansa floral.

Penataan interior setiap ruang dibentuk dengan skema warna berbeda-beda dan berkarakter. Sapuan warna pada dinding dan plafon secara umum didominasi warna putih terang. “Putih memberi kesan bright sehingga ruang terasa luas,” kata Nova Bramantya, desainer interior dari PT Marquis Sarana Cipta.

Plafon diolah bertingkat. Pada sudutsudut tertentu didukung tata cahaya tidak langsung (indirect lighting) yang menghasilkan garis-garis sinar lembut.

1 BEDROOM

A. Komposisi Warna Maskulin

2337278_interior_modern-natural_1a

Unit contoh ini menyajikan komposisi warna berkarakter maskulin. Aplikasi warnanya hanya hitam, abu-abu dan putih. Tampak pada kamar tidur utama yang tersambung dengan balkon. Kombinasi warna putih pada dinding dan bed cover berpadu dengan tirai blackout abu-abu tua. Lapisan wall paper di belakang ranjang yang bermotif bunga matahari menghadirkan gradasi warna abu-abu hingga hitam. Area meja kerja bernuansa putih dan abu-abu menempati sudut depan ranjang.

6267278_interior_modern-natural_1b

B. Karpet pembentuk ruang
Supaya terkesan luas, ruang duduk mungil ini sengaja disajikan dalam satu warna. Lantai, dinding dan sofa dipilih berwarna putih terang. Sebagai pembentuk ruang secara visual, ditempatkan karpet persegi empat warna abu-abu gelap.

 

44462378_interior_modern-natural_1c

C. Efisiensi
Ruang dapur di depan pintu kamar tidur dirancang menyatu dengan meja sarapan agar efisien. Tampilan kabinet dibalut material kayu dengan urat kayu halus berwarna abu-abu, berpadu manis dengan table top dari batu granit hitam licin. Senada dengan material meja sarapan berdesain simpel yang dilengkapi dua kursi dengan pelapis bahan suede berwarna abu-abu tua.

 

2 Bedroom

Cokelat Alami

Komposisi warna cokelat yang berkesan alami tampak kuat membentuk atmosfer ruang keluarga yang tersambung dengan balkon ini. Mulai dari sofa modern dua dudukan yang berbalut kulit imitasi berwarna cokelat tua, bantal kursi aneka bentuk berwarna nuansa cokelat, hingga karpet persegi empat berwarna cokelat susu. Dikombinasikan dengan tirai blackout berwarna cokelat keemasan yang diberi aksen cokelat tua di bagian tengahnya.

8762121_interior_modern-natural_2a

Di ruang ini juga dihadirkan aksen dinding berlapis batu alam travertine bernuansa krem yang menyatu dengan kabinet TV. Perhatikan juga ide kreatif pengolahan dinding yang dicoak membentuk bingkai persegi empat di atas sofa. Aksen dinding yang menembuskan pandangan ke kamar tidur anak itu juga dapat difungsikan sebagai rak pajang.

Soft pink feminin

1266572_interior_modern-natural_2b

Menerapkan warna pink untuk kamar tidur utama kadang susah-susah gampang, karena Anda harus mempertimbangkan juga selera pasangan. Tapi, kesan pink yang feminin memang cocok untuk menghadirkan kelembutan di master bed room. Gradasi warna pink tua yang lembut diterapkan pada head board dan bahan bed cover penutup ranjang serta sarung bantal. Sedangkan warna pink muda tampak tersebar pada wall paper bermotif flora. Sebagai aksen dikombinasikan dengan warna merah marun yang dipancarkan dari tirai jendela dan sarung bantal.

57222871_interior_modern-natural_2c

Merah putih
Kamar anak dihadirkan dalam skema warna merah tua dan putih yang tampak ceria. Pilihan motif bentuk-bentuk geometris yang terpancar dari wall paper membentuk kesan ruang yang tidak monoton. Furnitur ranjang, nakas, dan lemari pakaian ditata kompak dengan ruang sirkulasi yang cukup leluasa.

&nbssp;

2312871_interior_modern-natural_2c

Serba kaca
Peletakan ruang makan yang seruang dengan dapur single line, ini mempertontonkan efek material kaca yang memberi kesan lapang bagi ruang yang sempit. Pilihan meja dari kaca transparan tampak chic berpadu dengan kursi makan langsing berwarna putih terang. Sedangkan, kitchen set dengan dinding belakang berlapis kaca cermin membantu mengangkat ruang tampak meluas

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.