HousingEstate, Jakarta - Dekat dengan kantor menjadi salah satu alasan orang memilih apartemen. Apalagi, bagi profesional muda yang masih melajang. Unit apartemen tipe studio seluas 28,8 m2 (semi gross) di Tamansari Sudirman Executive Residence, ini ditujukan untuk segmen itu. Lokasinya di Jl Bek Murad, Jakarta Selatan, sangat dekat dengan kawasan pusat bisnis Sudirman dan Mega Kuningan.

Karena itu penjualan apartemen dua menara yang diluncurkan Wika Realty sejak Juni 2008 ini laris manis. Dari 426 tipe studio yang dipasarkan seharga mulai dari Rp331 juta/unit, kini tinggal 80-an unit. “Daya serapnya bagus karena sebelumnya kita survei di sekitar kawasan rate kos-kosannya tinggi,” kata Firdaus Mustofa, Manager Tamansari Sudirman.

Rencananya, masih akan dilansir unit tambahan tipe penthouse 109 m2 (gold) dan 207 m2 (platinum). Apartemen ditargetkan mulai serah terima Desember 2009. Luas bersih tipe studio 24 m2 dengan pilihan ukuran ruang 3 x 8 m2 dan 4 x 6 m2. Berikut interior show unit tipe Bougainville (4 x 6 m2) yang bisa menjadi inspirasi Anda. Interior dihadirkan dengan perabot built in simpel dan warna terang.

6745737_interior_sentuhan-modern_2

Modern Minimalis

Seperti eksteriornya, konsep interior apartemen ini mengusung tema modern minimalis. Luasan unit yang tidak terlalu besar memang menuntut penataan interior yang simpel. Dominasi warna putih yang menyapu dinding diimbangi dengan perabot kayu bernuansa cokelat kekuningan. Lantainya dilapisi parket berwarna cokelat tua. Skema warna yang terang dan lembut sengaja dipilih untuk mengangkat atmosfer ruang yang ringan dan lapang.

Tempat tidur berbentuk dipan rendah mengisi ruang bagian tengah. Area itu dipertegas dengan panel headboard polos berwarna cokelat kekuningan. Aksen garis-garis dari bahan stainless steel dibuat untuk menguatkan kesan modern. Di depan tempat tidur ditempatkan kabinet TV yang menempel ke dinding. Desainnya berupa ambalan-ambalan kecil memanjang. Laci-laci di bagian bawah dibiarkan menggantung menciptakan ruang bebas di lantai. Kesan melayang itu juga memberi efek yang lapang terhadap ruang.

2123737_interior_sentuhan-modern_3

Modern and clean di dapur
Dapur yang menyatu dengan meja sarapan ini mengisi lorong di depan pintu masuk. Letaknya berhadapan dengan kamar mandi. Kabinet menggunakan material kayu lapis berwarna cokelat muda. Permainan bidang-bidang kaca es (frosted glass) bernuansa kebiruan dihadirkan untuk mewujudkan kesan modern dan clean. Terlihat aplikasinya pada dinding yang mengelilingi meja dapur dan menyambung ke meja sarapan. Permukaan kaca yang licin juga berkesan higienis dan mudah perawatannya jika terkena noda.

9821737_interior_sentuhan-modern_4

Cerah di ruang duduk

Sisa ruang di sebelah tempat tidur yang sedikit menjorok ke luar difungsikan sebagai ruang duduk. Diisi sofa dua dudukan yang pas memenuhi sisi panjangnya. Pilihan warna merah cabe pada sofa untuk memberi aksentuasi ruang yang didominasi perabot berwarna soft.

Di sisi sofa ditambahkan lampu berdiri (standing lamp) dengan bentuk kap seperti cone es krim. Cahaya lampu yang dihasilkan mengarah ke atas memberi aksen pencahayaan yang menarik.

Plafon tepat di atas area ini direndahkan untuk memberi skala ruang yang lebih intim. Agar tidak berkesan sempit, dinding belakang sofa ditempeli kaca cermin setinggi plafon. Bidang cermin ditampilkan menjadi tiga bagian dengan aksen garis vertikal, sehingga tampak langsing dan memberi efek ruang yang meninggi.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.