HousingEstate, Jakarta - Legoland, salah satu themepark paling mashur di dunia saat ini, terus melakukan ekspansi ke berbagai negara. Terbaru Legoland Park di Nagoya, Jepang, yang akan beroperasi pada tahun 2017.  Pusat hiburan keluarga di Nagoya ini dibangun dengan investasi 32 miliar yen atau sekitar 315 juta dolar AS.

Menurut Merlin Entertainments, pengelolanya, biaya itu termasuk pembangunan Madame Tussauds dan Alton Toeers yang menelan biaya 91 juta dolar AS. Madame Tussauds kita kenal sebagai museum patung lilin dari sejumlah tokoh dan selebriti dunia.  Khusus di Jepang, Kirkbi, perusahaan keluarga pemilik brand LEGO yang dikelola Kirk Kristiansen, juga ikut menanamkan dananya.

Merlin sendiri membeli usaha pengelolaan Legoland sejak tahun 2005 dan berencana membuka 20 themepark ini di seluruh dunia. “Kami tetap berkomitment pada target kami untuk membuka taman baru setiap dua-tiga tahun,” ujar Nick Varney, Chief Executive Merlin.

Seperti Legoland yang sudah ada, themepark terbaru ini juga menonjolkan detil miniatur gedung-gedung ternama serta pemandangan kota dunia dalam bentuk model LEGO. Hingga kini, sudah ada enam themepark lansiran Merlin yang bertema permainan khas LEGO ini, yaitu di California Resort (San Diego AS), Florida, AS, Billund Resort (Denmark), Nusajaya Johor (Malaysia), Deutschland Resort (Jerman), dan Windsor Resort, Inggris. Yang terbaru akan dibuka tahun 2016 di Dubai. Di Jepang sebenarnya sudah ada, tapi skalanya kecil dan indoor, yaitu  Legoland Discovery Centre di Tokyo.

Legoland Japan

Menurut pihak Merlin, pembukaan LEGO yang lebih besar di Jepang disebabkan negeri itu pasar terbesar theme park. Legoland Nagoya hanya berjarak 2 jam dari Tokyo dan berpotensi bisa menarik pengunjung sebanyak 20 juta orang. Pesaingnya, Disneyland Tokyo yang sudah buka sejak tahun 1983, pada tahun lalu tercatat sebagai taman Disney dengan jumlah pengunjung terbanyak kedua, di bawah Disney World di Florida, AS.

Di dekat  themepark ini juga sedang dibangun LEGO Hotel dan akan dibuka tahun 2016. Meski diberi nama itu, tapi bangunannya asli terbuat dari tembok, jadi hanya tampilannya saja yang dibuat menyerupai blok-blok LEGO. Hotel ini akan memiliki tiga tema Pirate, Adventure dan Kingdom. Di sini penggemar LEGO juga akan terpuaskan oleh kehadiran 34 models yang dibuat dari tiga juga blok LEGO.  AYu

 

(Sumber: BBC)