HousingEstate, Jakarta - Menjelang hari raya Idul Fitri biasanya kita berbenah seluruh rumah untuk kunjungan sanak keluarga maupun kerabat di hari lebaran. Banyak yang bisa disiasati tanpa perlu melakukan renovasi besar-besaran untuk mendapatkan kesan rumah yang berbeda namun tetap berkesan untuk pemilik rumah maupun para tamu yang nanti berkunjung.

Philips sebagai produsen pencahayaan (lighting) memberikan beberapa tip yang bisa kita gunakan untuk membuat suasana di rumah menjadi berbeda di hari raya lebaran. “Tidak melulu soal produk lampu, kita bisa berkreasi melalui hal yang paling kecil untuk membuat suasana yang berbeda di rumah kita,” ujar Chatrine Siswoyo, Corporate Communication Manager PT Philips Indonesia kepada housing-estate.com, 6 Juli 2014.

Berikut tiga langkah sederhana yang dibagi Chatrine untuk membuat suasana rumah berbeda. Yudis

 

Ciptakan Mood

Mereposisi tata letak furnitur merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk membuat suasana ruang yang berbeda selain menciptakan mood baru pada ruangan. Bersihkan juga furnitur yang berdebu terutama karpet ruangan, ganti atau tambahkan bantal sebagai sentuhan tambahan yang membuat ruang di rumah kian menarik. Terkait dengan lighting, bisa dipertimbangkan penggunaan lampu gantung yang berfungsi sebagai pusat pencahayaan ruang maupun sebagai elemen dekoratif.

 

Warna Pencahayaan

Pencahayaan bukan sekadar untuk memberikan terang namun bisa juga untuk menunjang kesan sebuah ruang. Saat ini sudah dimungkinkan membuat pencahayaan dengan menggunakan warna sehingga lebih semarak. Hijau diasosiasikan sebagai warna untuk hari raya lebaran yang menimbulkan kesan selaras, seimbang, tapi tetap santai. Philips menyediakan aneka produk color changing yang bisa berubah-ubah warnanya.

 

LED

Dengan banyaknya kerabat yang berkumpul di rumah membuat suasana menjadi panas untuk itu gunakan produk lighting LED (light emitting diode) yang tidak menghantarkan panas seperti produk lampu pijar maupun fluorescent. Produk lampu LED membantu mengurangi sumber panas di rumah selain lebih hemat penggunaan energinya dan aman bila disentuh anak-anak.