HousingEstate, Jakarta - Graha Raya (350 ha), Pondok Jagung, Tangerang Selatan, menjadi alternatif perumahan di Serpong dan Bintaro dengan harga relatif lebih terjangkau. Lokasi perumahan yang dikembangkan PT Jaya Real Property Tbk itu diapit dua kota baru yang tengah berkembang: Alam Sutera Serpong dan Bintaro Jaya.

Kawasan Graha Raya sudah hidup dan berkembang. Pengembangannya juga sudah tidak banyak. Dua tahun belakangan harga propertinya melesat terdongkrak kawasan Serpong yang harganya menggila. Menurut Christine, agen properti dari Prima Property Graha Raya, penawaran rumah seken di Graha Raya mulai banyak yang harganya miliaran.

Christine memasarkan rumah paling murah seharga Rp600 jutaan (tipe 70/72) dekat cluster Cornelia dan Pasar Segar. Bangunan lebih baru di cluster Fortune harganya mencapai Rp1,1 miliar (tipe 90/90). “Kondisinya semi furnished, lokasinya di belakang kompleks ruko Grand Fortune yang dipasarkan seharga Rp2 miliaran,” ujarnya kepada housing-estate.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lingkungan cluster Cornelia sudah hidup lebih ramai dan di dekatnya terdapat sejumlah fasilitas, misalnya sekolah dan Pasar Segar. Kelebihan lain Graha Raya, ujar Christine, lokasinya strategis di segitiga pertumbuhan: Bintaro, Ciledug, dan Alam Sutra.

“Menuju jalan tol cuma 10 menit, nantinya juga akan dibuka exit tol Pondok Jagung 2 yang lebih memudahkan masuk-keluar kawasan. Makanya konsumen yang mencari rumah seken banyak. Harga sewanya juga lumayan, tipe kecil laku Rp20 jutaan/tahun,” katanya.

Andi, broker dari Era Radiant Graha Branch menyebutkan, kenaikan harga di Graha Raya cukup lumayan. Tidak sedikit pembelinya investor, mereka mencari rumah lama untuk direnovasi kemudian dijual lagi. “Rumah seken tipe 42/72 masih ada yang ditawarkan Rp460 juta, bangunannya lama dan lokasinya agak ke dalam. Setelah direnovasi bisa dijual Rp600 jutaan, tapi rumah seharga ini jarang dititipkan ke broker karena pemiliknya bisa menjual sendiri dengan mudah,” jelasnya.

Secara umum harga rumah seken yang banyak ditawarkan berkisar Rp700-800 jutaan. Di cluster Fortune tipe 54/90 ditawarkan Rp765 juta dan tipe 65/105 Rp975 juta. “Untuk rumah baru cukup mahal, tipe 42/92 yang belum lama diserahterimakan di cluster Fortune harganya Rp840 juta. Ada lagi tipe 50/72 Rp650 juta dan 80/84 Rp765 juta,” imbuhnya. Yudis