HousingEstate, Jakarta - Kota Bekasi, Jawa Barat, dua tiga tahun mendatang bakal lebih semarak dengan kehadiran pusat gaya hidup. Setelah Grand Metropolitan Mall, Mal Summarecon Bekasi, dan Grand Galaxi Mall, Kota Harapan Indah (2.000 ha) di Jl Sultan Hamengkubuwono juga akan menghadirkan fasilitas sejenis. Peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan mal di township besutan Damai Putra Group itu akan dilakukan pada Oktober 2014.

Mal setinggi empat lantai plus dua lantai basement itu luasnya sekitar 170.000 m2 (gross). Leasable area (area disewakan)-nya kurang lebih 51.000 m2. Menurut Hyronimus Johanes, GM Marketing Kota Harapan Indah, pembangunannya memakan waktu sekitar tiga tahun. “Akhir tahun 2017 ditargetkan sudah soft opening,” kata Hyronimus kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (5/9).

Mal yang skematik desainnya dirancang AEDAS, Singapura, itu membidik segmen menengah atas. Konsepnya mal keluarga, di dalamnya akan diisi beragam jenis tenant, antara lain department store, hiburan, foodcourt, resto&kafe, tempat bermain, fashion. Lokasinya dekat  waterpark Transera di kawasan CBD Kota Harapan Indah.

Menurut Hyronimus, sudah ada beberapa calon penyewa utama (anchor tenant) yang menyatakan minatnya. Namun ia belum mau menyebutkan karena dalam proses pembicaraan. “Salah satunya depstore terkenal yang sudah mengisi mal-mal kelas atas di Jakarta,” imbuhnya.

Pembangunan mal ini menempatkan KHI sebagai salah satu perumahan paling komplit fasilitasnya di Jabodetabek. Saat ini di KHI sudah dilengkapi waterpark, rumah sakit, hyper market, Hotel Santika, pusat otomotif, sekolah, pusat komersial, dan kuliner. Akhir Oktober mendatang Courts Megastore, jaringan retail elektronik, IT, dan perabotan rumah tangga asal Inggris akan membuka gerainya di KHI. Hyronimus optimis, kehadiran sejumlah fasilitas itu akan menaikkan ekspektasi pasar dan mendongkrak harga properti di kawasan. “Kita optimis kalau malnya beroperasi harga tanah di KHI bisa mencapai Rp10 juta/m2,” katanya. Pras