HousingEstate, Jakarta - Lomba Desain Rumah yang rutin diselenggarakan Majalah HousingEstate sudah memasuki tahun ke empat. Lomba tahun 2014 ) mengangkat tema Rumah Tepi Danau dan Rumah Tempo Dulu. Penyelenggaraan lomba 2014  diselenggarakan bekerja sama dengan Kota Baru Parahyangan (KBP), perumahan menengah atas yang dikembangkan PT Belaputra Intiland di Padalarang, Bandung, Jawa Barat.

Pendaftaran lomba desain yang diikuti kalangan mahasiswa jurusan arsitektur dan arsitek profesional itu dibuka pada 25 Juni 2014 dan penyerahan karya ditutup 31 Agustus 2014. Lomba menjaring  651 pendaftar terdiri atas 398 mahasiswa dan 254 orang arsitek profesional. Jumlah karya yang diterima sebanyak 119 terdiri dari 82 peserta profesional dan 37 peserta mahasiswa. Halimatussadiyah, Redaktur Majalah HousingEstate sekaligus juri lomba, mengatakan, HousingEstate menggelar acara ini secara rutin karena ajang kompetisi arsitektur khususnya untuk desain rumah tinggal masih jarang dilaksanakan. Rancangan desain mengambil obyek di dua klaster yang hendak dikembangkan KBP.

“Karena jarang, animo peserta  cukup banyak. Ada tiga tapak (site) rumah yang dilombakan, yaitu di Tatar (cluster) Kumalasinta untuk tapak berkontur terjal di tepi danau, Tatar Titiswari dengan tapak berkontur landai, dan Koridor Bandung Tempo Doeloe untuk lahan datar,” ujarnya saat penjurian di Exhibition Hall Bale Pare KBP, Rabu (10/9) di Bandung.

Tim juri terdiri empat orang arsitek, yakni Baskoro Tedjo, staf pengajar Departemen Arsitektur ITB,  praktisi arsitek Irianto P.H, Head of Planning and Design KBP Sugiharto, selain Halimatussadiyah. Tim juri telah memilih sebanyak 10 karya terbaik dari masing-masing kategori. Ke-10 karya ini akan dinilai lagi untuk mendapatkan tiga karya terbaik sebagai finalis. Pada 16 Oktober 2014 ketiga finalis diminta melakukan presentasi di depan tim juri yang akan berlangsung di Jakarta untuk menentukan juara 1, 2, dan 3.

“Dalam sebuah kompetisi kita mengutamakan  penilaian karya yang paling optimal memanfaatkan potensi site yang ada ke dalam rancangan bangunannya,” ujar Baskoro. Sementara itu Sugiharto mengatakan, karena lomba ini untuk rumah yang dikembangkan developer, tentu ada kecenderungan menilai desain dari potensinya untuk diserap pasar dan kemudahan aplikasi bangunan.  Berikut 10 karya terbaik yang telah dipilih tim juri. Yudis

10 Karya Terbaik Mahasiswa

KODE PESERTA JUDUL KARYA NAMA PESERTA
110 – M – RTD S. HOUSE – Januar Achmad Fathoni
– Olivia Okza Tribhuana
177 – M – RTD THE GREEN ESTUARY – Kunto Hari Anggoro
267 – M – RTD RUMAH TITISWARI – Steve Aditya Soesanto
– Teguh Risnandar Utama
– Lucky Fachrurrozi
398 – M – RTD TATAR BAHEULA – Bening Embunpagi
– Haris Kamawijaya- Abdul Rahman
399 – M – BTD RUMAH PENGANTAR – Edwin Indera Waskita
420 – M – BTD HERITAGE REVIVALIST HOUSE – Evan Adi Wijaya
478 – M – RTD GRIYA TIRTA WEDARI – Estevantra Sunandirjaya
– Wendy Setia Herdian
– Yeriel Johan
483 – M – RTD RUMAH EMPAT TIRTA – Robert Simbolon
487 – M – RTD ZEIN HOUSE – Abraham Novemmarnus P
– Marco Martinez- Kornelius Febriyanto
650 – M – RTD THE LAKESHORE – Nikita Stephanie Marisca
– Gavin Adi Sugiri

10 Karya Terbaik Profesional

KODE PESERTA JUDUL KARYA NAMA PESERTA
084 – P –RTD INFINITY LAKE HOUSE – Livie Sukma Taristania
– Agam Putra Perdana
 171 – P – BTD RUMAH TEMPO DULU – Basuki Firmanto
191 – P – RTD GREY HOUSE – Emir Ashari
218 – P – RTD RUMAH PANGGUNG TEPI DANAU – Andika Japa Wibisana
– Priyatna Dwinanda Pribadi
– Made Dirgantara
251 – P – RTD IN TUNE – Okta Zaida
327 – P – RTD LAKE HOUSE – Eric Tan
409- P – RTD RUMAH DANAU – Ebenhaezer Lontoh
464 – P – RTD RUMAH TEPI DANAU – Fenty Anggreta
– Basuki F
479 – P – RTD RUMAH NUSANTARA – Sianne Juliana
– Lucky Prasetyo
648 – P – RTD MULTILEVEL HOUSE – Ary Rinaldy