Kamis, Maret 28, 2024

Artikel Populer

Berita Terkait

Berita Lainnya

Artikel Terkini

MarkPlus Berikan Penghargaan Kepada Developer

Produk dan jasa yang ditawarkan ke pasar harus memiliki karakteristik dan teknik penyampaikan agar bisa diterima konsumen. Terkait hal itu konsultan pemasaran MarkPlus memberikan penghargaan “Indonesia WOW Brand 2014” kepada developer untuk kategori pengembang Residential Property Developer, Shopping Mall & Retail.

Penghargaan diberikan berdasarkan pendapat 20 ribu consumer panel yang ada di 18 kota. Menurut Hermawan, di era internet saat ini perkembangan marketing menjadi sangat luar biasa sehingga dibutuhkan cara-cara berbeda untuk membuat produk yang wow. Ia menyebut mendiang Steve Jobs, CEO Apple Inc, yang bisa menghadirkan produk beyond expectation, menghadirkan produk sebelum konsumennya meminta.

markplus wow

Sekarang produsen tidak dapat membohongi konsumen mengenai produk yang ditawarkan karena mereka sudah pintar.  Ia menyebut saat ini eranya pasien lebih pintar dari dokter, dan murid lebih pintar dari guru. Karena itu strategi marketing yang baru itu lebih horizontal, inklusif, dan sosial. Di dunia properti developer tidak bisa berjualan asal ngecap, harus terus lihat tren.

“Perang harga bagus tapi itu nggak wow, repeat order bagus tapi lebih bagus advocate, menganjurkan (mengajak),” ujar Hermawan Kartajaya pada acara diskusi bertema Creating WOW Brand in the Era of Digital Convergence bersama kalangan developer, Kamis (11/9), di Jakarta.

Hari Raharta, Sekjen DPP Real Estat Indonesia (REI) menyatakan, kepuasan konsumen saat ini menjadi perhatian utama pengembang. “Kita tidak bisa lagi membuat produk sembarangan, kalau tidak kita akan disomasi konsumen,” katanya.

Menurut Antonius Tanan, Direktur PT Ciputra Development Tbk, selain harus inovatif, wow brand bisa dilakukan apabila pelakunya punya originalitas dan kejujuran. Rekayasa harus ditinggalkan. Dulu ia menjual rumah di lokasi tusuk sate sama dengan harga rumah lainnya. Tidak ada diskon yang diberikan. Tapi setelah Ciputra, Chairman Ciputra Group, mengetahui  ia disuruh member diskon dan uangnya dikembalikan ke konsumen. “Itu wow, sederhana tapi  sangat human dari seorang Ciputra,” katanya.

Ciputra juga membuat museum seni berisi koleksi lukisan  pelukis Hendra Gunawan di Ciputra World, Jakarta.  Visinya adalah mewujudkan shopping mall bukan hanya sebagai lifestyle tapi juga tempat untuk menikmati lukisan.  Keputusan itu butuh passion, karakter, dan  inovasi.

Di sektor retail inovasi tersebut juga tidak terhindarkan. Roy Nicholas Mandey, Ketua Departemen Informasi & Data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) mengatakan, para retailer banyak melakukan terobosan di bidang pelayanan. “Saat ini mulai marak pemasaran store without store, ritelnya langsung ke pelanggan, sekarang semua arahnya bergerak ke sana,” ujarnya. Yudis

Departement Store Matahari Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Debenhams Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Centro Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Premium Mall Plaza Senayan Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Plaza Indonesia Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Senayan City Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Upper – Medium Mall Mal Taman Anggrek Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Pondok Indah Mall Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Kota Kasablanka Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Residential Property Developer-Asset < 10 T PT. Jaya Real Property Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Intiland Development, Tbk. Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Metropolitan Land Tbk. Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Residential Property Developer-Asset 10 – 20 T PT. Agung Podomoro Land, Tbk. Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Alam Sutera Realty Tbk. Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Summarecon Agung, Tbk. Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Residential Property Developer-Asset > 20 T PT. Ciputra Development, Tbk. Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Agung Sedayu Group Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Lippo Karawaci, Tbk. Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014

Developer penerima pengharagaan Indonesia WOW Brand

Produk dan jasa yang ditawarkan ke pasar harus memiliki karakteristik dan teknik penyampaikan agar bisa diterima konsumen. Terkait hal itu konsultan pemasaran MarkPlus memberikan penghargaan “Indonesia WOW Brand 2014” kepada developer untuk kategori pengembang Residential Property Developer, Shopping Mall & Retail.

Penghargaan diberikan berdasarkan pendapat 20 ribu consumer panel yang ada di 18 kota. Menurut Hermawan, di era internet saat ini perkembangan marketing menjadi sangat luar biasa sehingga dibutuhkan cara-cara berbeda untuk membuat produk yang wow. Ia menyebut mendiang Steve Jobs, CEO Apple Inc, yang bisa menghadirkan produk beyond expectation, menghadirkan produk sebelum konsumennya meminta.

markplus wow

Sekarang produsen tidak dapat membohongi konsumen mengenai produk yang ditawarkan karena mereka sudah pintar.  Ia menyebut saat ini eranya pasien lebih pintar dari dokter, dan murid lebih pintar dari guru. Karena itu strategi marketing yang baru itu lebih horizontal, inklusif, dan sosial. Di dunia properti developer tidak bisa berjualan asal ngecap, harus terus lihat tren.

“Perang harga bagus tapi itu nggak wow, repeat order bagus tapi lebih bagus advocate, menganjurkan (mengajak),” ujar Hermawan Kartajaya pada acara diskusi bertema Creating WOW Brand in the Era of Digital Convergence bersama kalangan developer, Kamis (11/9), di Jakarta.

Hari Raharta, Sekjen DPP Real Estat Indonesia (REI) menyatakan, kepuasan konsumen saat ini menjadi perhatian utama pengembang. “Kita tidak bisa lagi membuat produk sembarangan, kalau tidak kita akan disomasi konsumen,” katanya.

Menurut Antonius Tanan, Direktur PT Ciputra Development Tbk, selain harus inovatif, wow brand bisa dilakukan apabila pelakunya punya originalitas dan kejujuran. Rekayasa harus ditinggalkan. Dulu ia menjual rumah di lokasi tusuk sate sama dengan harga rumah lainnya. Tidak ada diskon yang diberikan. Tapi setelah Ciputra, Chairman Ciputra Group, mengetahui  ia disuruh member diskon dan uangnya dikembalikan ke konsumen. “Itu wow, sederhana tapi  sangat human dari seorang Ciputra,” katanya.

Ciputra juga membuat museum seni berisi koleksi lukisan  pelukis Hendra Gunawan di Ciputra World, Jakarta.  Visinya adalah mewujudkan shopping mall bukan hanya sebagai lifestyle tapi juga tempat untuk menikmati lukisan.  Keputusan itu butuh passion, karakter, dan  inovasi.

Di sektor retail inovasi tersebut juga tidak terhindarkan. Roy Nicholas Mandey, Ketua Departemen Informasi & Data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) mengatakan, para retailer banyak melakukan terobosan di bidang pelayanan. “Saat ini mulai marak pemasaran store without store, ritelnya langsung ke pelanggan, sekarang semua arahnya bergerak ke sana,” ujarnya. Yudis

Departement Store Matahari Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Debenhams Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Centro Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Premium Mall Plaza Senayan Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Plaza Indonesia Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Senayan City Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Upper – Medium Mall Mal Taman Anggrek Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Pondok Indah Mall Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Kota Kasablanka Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Residential Property Developer-Asset < 10 T PT. Jaya Real Property Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Intiland Development, Tbk. Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Metropolitan Land Tbk. Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Residential Property Developer-Asset 10 – 20 T PT. Agung Podomoro Land, Tbk. Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Alam Sutera Realty Tbk. Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Summarecon Agung, Tbk. Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014
Residential Property Developer-Asset > 20 T PT. Ciputra Development, Tbk. Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Agung Sedayu Group Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014
PT. Lippo Karawaci, Tbk. Bronze Champion of Indonesia WOW Brand 2014

Developer penerima pengharagaan Indonesia WOW Brand

Rekomendasi untuk Anda

Rekomendasi untuk Anda