HousingEstate, Jakarta - Mesin cuci sangat membantu pekerjaan rumah tangga khususnya kaum ibu dalam mencuci pakaian. Namun mesin cuci (washing machine) juga punya kelemahan khususnya tipe tabung atas (top loading). Tipe ini kerap membuat pakaian yang dicuci saling terlilit sehingga membuat pakaian  cepat rusak, misalnya melar, lepas benang, bahkan sobek. Menjawab kelemahan itu Midea, produsen perangkat elektronik asal Cina, meluncurkan mesin cuci top loading seri Marine.

“Ini merupakan mesin cuci generasi baru yang sudah melalui proses penyempurnaan dari mesin cuci konvensional. Kami gunakan teknologi terbaru Pulsator Water Magic Cube yang terletak di dasar tabung yang dapat mengurangi pakaian terlilit hingga 51 persen,” ujar Jino Sugianto, President Director PT Midea Planet Indonesia, pada acara peluncuran produk ini belum lama ini di Jakarta.

Pulsator Water Magic Cube merupakan kipas pemutar dengan desain bilah yang dirancang berbeda untuk menghasilkan efek air seperti deburan ombak yang mengurangi pakaian saling terlilit. Bentuk bilah unik ini juga dapat meningkatkan tekanan air sehingga air dan deterjen bisa lebih menyerap ke dalam serat pakaian yang membuat hasil cuci lebih bersih 27 persen.

Fitur canggih lainnya adalah One Touch yang memungkinkan pengguna untuk memulai proses pencucian hanya dengan menekan satu tombol. Mesin cuci secara otomatis akan menimbang berat seluruh pakaian dan menentukan berapa liter air yang dibutuhkan serta berapa lama waktu pencucian. Dengan fitur ini penggunaan air lebih hemat hingga 37 persen.

Mesin cuci seri Marine ini tersedia dalam kapasitas 11 dan 13 kg menyusul nanti kapasitas lain yang lebih kecil (7 kg) yang akan diluncurkan akhir tahun 2014. Daya listriknya 540 watt dengan harga Rp3-3,5 juta. Garansinya 5 tahun untuk motor dan 2 tahun spare part. Nadya/Yudis