HousingEstate, Jakarta - PT Jaya Real Property Tbk. menawarkan cicilan ringan untuk pembelian rumah di klaster Fortune Terrace, Graha Raya, Tangerang. Untuk rumah tipe 67/72 yang dibandrol Rp1,07 miliar, uang mukanya hanya 10 persen, dan bisa dicicil satu tahun. “Jadi cicilan per bulannya hanya Rp8,9 juta.” ujar Thomas Judilesmono, Marketing Manager Graha Raya.

Menurut seorang sumber, cara pembayaran seperti ini memberikan ruang gerak yang cukup leluasa kepada para konsumen yang bermotif investasi. Karena pada saat proses mencicil uang muka, konsumen memiliki waktu yang cukup untuk menjualnya ke pihak lain. “Kalau developer memberikan penalti kecil, misalnya hanya 2-3 persen, saat properti dipindah-tangankan, akan lebih menrik lagi,” katanya.

Graha Raya menarik untuk investasi karena kenaikan harganya tinggi dalam tiga tahun terakhir. Menurut Thomas, kenaikan harganya rata-rata 30-40  persen/tahun. Salah satu faktor penyebabnya, lokasinya sangat dekat dengan Alam Sutera, salah satu kawasan perumahan favorit di Serpong, Tangerang. Jaraknya hanya sekitar 5 menit  dari CBD Alam Sutera yang terhubung dengan jalan tol Jakarta-Merak. Harga tanahnya juga masih kompetitif, dan  land bank-nya juga masih memadai, sehingga memiliki space yang cukup untuk ‘mengekor’ harga Alam Sutera. Di Graha Raya harga tanah paling tinggi Rp8,5 juta/m2, sedangkan di Alam Sutera tertinggi Rp18 juta, (klaster Sutera Danau Biru).  Joy