HousingEstate, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada tanggal 19 September 2014 tepat berusia 150 tahun. TMR awalnya didirikan di Jalan Cikini Raya di atas lahan seluas 10 ha, hasil hibah Raden Saleh, pelukis ternama Indonesia. TMR di Ragunan saat ini menempati lahan seluas 140 ha.

Menurut Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, TMR bersiap untuk menjadi taman margasatwa berkelas internasional. “Di usianya yang 150 tahun, TMR sudah menempuh jalan panjang dengan dinamika yang pesat. Ini menjadi tonggak untuk membangun dan menjadikan TMR sebagai kebun binatang berkelas internasional,” ujarnya.

Fungsi TMR sendiri bukan hanya sebagai taman margasatwa, tapi berfungsi juga sebagai area konservasi situ, fungsi pendidikan, penelitian, ruang terbuka hijau (hutan kota), dan ruang terbuka biru (daerah tangkapan air). “Untuk itu TMR akan terus dilengkapi sarana maupun koleksinya agar bisa sejajar dengan kebun binatang berkelas internasional,” imbuhnya.

Saat ini TMR memiliki koleksi 19.229 jenis flora dan merawat 1.951 ekor satwa yang terdiri dari empat kelas dan 220 species. TMR juga tengah menyusun masterplan sebagai pedoman untuk pengembangan TMR menuju kebun binatang internasional. Yudis