HousingEstate, Jakarta - Bisnis properti tidak bisa terlepas dari produk-produk bahan bangunan. Porsi bahan bangunan bisa mencapai 30-50 persen dari harga sebuah bangunan. Karena vitalnya kontribusi bahan bangunan, Majalah HousingEstate akan memberikan penghargaan Bahan Bangunan Favorit Developer 2014, pada tanggal 16 Oktober 2014 di Jakarta.

Penghargaan berkala yang dimulai pada tahun ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada produsen bahan bangunan yang produknya sukses diterima pasar. Ini juga sekaligus untuk memberikan panduan khususnya kepada para pengembang dan konsumen dalam memilih bahan bangunan yang baik dan aplikasinya sudah dibuktikan di berbagai proyek perumahan yang dikembangkan developer.

Akan delapan jenis bahan bangunan utama yang mendapat penghargaan meliputi pelapis dinding (cat), pelapis lantai dan dinding (keramik), rangka atap baja, penutup atap (genteng), sanitari, gipsum, semen, dan kusen non kayu. Semuanya ada 18 brand bahan bangunan yang menerima penghargaan.

Penentuan pemenang berdasarkan survei yang sudah dilakukan oleh HousingEstate di sejumlah perumahan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) terutama yang berskala kota, besar, dan sedang yang dinilai cukup merepresentasikan pilihan developer di kawasan. Selain developer, yang disurvei juga adalah perusahaan kontraktor dan arsitek.

Tujuan pemberian penghargaan ini salah satunya sebagai bentuk apresiasi kepada produsen yang produknya banyak digunakan developer. Ini sekaligus simbol pengakuan pasar dan guidance bagi konsumen dalam memilih bahan bangunan yang akan digunakannya.

Penyerahan pengharagaan ini akan diberikan bersamaan dengan acara pengumuman pemenang Lomba Desain Rumah 2014, hasil kerja sama HousingEstate dengan Kota Baru Parahyangan (KBP). Acara akan berlangsung di Financial Club Graha Niaga, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta. Acara ini akan dihadiri kalangan arsitek, developer, kontraktor, perusahaan bahan bangunan, mahasiswa desain, dan sebagainya.