HousingEstate, Jakarta - Modena, produsen elektronik dengan spesialisasi perangkat dapur (kitchen appliances), awal April melansir tiga kulkas premium tipe side by side (pintu membuka ke samping kiri dan kanan) di Jakarta: Erteso (satu tipe) dan Niveo (dua tipe). Lanny Kurniawan, Customer Management Division Head PT Indomo Mulia, distributor Modena (Italia) di Indonesia, mengatakan, tiga tipe itu diluncurkan guna memenuhi permintaan kaum eksekutif urban yang menginginkan kulkas berkelas sesuai cita rasa mereka.

“Pertumbuhan permintaan kulkas side by side tercatat paling tinggi belakangan ini seiring peningkatan daya beli kaum urban, kendati pangsa kulkas 1–2 pintu masih paling banyak. Pangsa pasarnya baru 3–5 persen dibanding kulkas satu dan dua pintu yang 70 dan 25 persen, tapi pertumbuhannya paling besar, mencapai 15 persen,” katanya. Kulkas side by side memang tampil lebih stylish, mewah, dan elegan tanpa melupakan kekuatan fungsi, efisiensi, dan kapasitasnya.

Menurutnya, dulu sempat ditawarkan kulkas besar dengan tiga pintu untuk kaum urban yang sibuk dan tidak bisa sering belanja, tapi tampilannya bulky (tebal) sehingga kurang populer. “Sebaliknya dengan pintu di kiri dan kanan, kapasitas kulkas side by side bisa 600 liter dengan tampilan still look very nice, stylish, dan elegan,” jelasnya. Bila kulkas konvensional hanya memiliki satu ruang penyimpanan, sehingga kita perlu media lagi untuk menyimpan bahan makanan agar aromanya tidak saling bercampur yang membuat kapasitas penyimpanan kulkas menjadi terbatas, kulkas side by side sudah dilengkapi laci-laci untuk menyimpan makanan yang berbeda.

Dengan pintu side by side kita juga lebih mudah memasukkan dan mengambil makanan. Posisi freezer-nya pun berbeda, di bagian bawah, sehingga untuk mengambil kebutuhan harian kita tidak perlu sering membungkuk. Lebih ergonomis. Kita juga bisa mengatur bagian bawah kulkas itu menjadi freezer atau ruang pendingin biasa. Erteso dan Niveo dilengkapi fitur Active Vita Crisper, teknologi fresh blue light yang memancarkan sinar ultraviolet di dalam ruang lemari pendingin yang mampu mempertahankan zat hijau daun (klorofil) dan vitamin pada buah dan sayur.

“Lampunya menggunakan LED (light emitting diode) yang cahayanya lebih terang namun lebih hemat energy,” katanya. Sementara raknya dari kaca tempered yang lebih higienis dibanding plastik yang berpori yang berpotensi menyimpan kuman. Masih ada teknologi Multi Sensor pada kompresor dan kipas pendinginnya yang makin menghemat penggunaan listrik. Saat running konsumsi listrik kulkas hanya 200 – 250 W. Layaknya kulkas modern, kompresor Erteso dan Niveo bebas CFC (chlorofluorocarbon) alias ramah lingkungan. Kulkas dijual Rp11–23 juta/unit, dengan garansi kompresor tiga tahun dan servis satu tahun.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.