HousingEstate, Jakarta - Stop kontak umumnya tersedia di hampir semua ruang di rumah. Hanya saja, dengan perangkat elektronik yang kian banyak biasanya kebutuhan stop kontak tidak mencukupi. Apalagi saat ini aneka gadget portable juga kian banyak mulai telepon genggam, laptop, tablet, pemutar musik, dan sebagainya yang semuanya membutuhkan listrik untuk tenaga baterainya (charge).

Biasanya kita menggunakan colokan cabang (T) sehingga bisa menggunakan satu stop kontak untuk tiga perangkat. Atau kabel roll (multi socket) untuk digunakan bila jarak antara stop kontak dengan perangkat listriknya cukup jauh.

Hanya saja kendala menggunakan perangkat ini tampilannya menjadi berantakan. Solusinya, kita bisa menggunakan produk Klik It, sebuah produk multi socket namun fungsi stop kontaknya bisa digunakan di sepanjang tarikan kabelnya.

“Hal ini jadi memudahkan kita untuk menyesuaikan perangkat listrik dengan colokannya. Tidak perlu lagi meletakan barang menyesuaikan dengan stop kontak, cukup letakan sesuai selera kita, tarik kabel Klik It kemudian pasang socket-nya,” ujar Enrico Limman, Product Manager PT Sumbar Harapan Abadi, produsen Klik It, di Jakarta Senin (1/12).

Secara fungsi Klik It tidak berbeda dengan kabel roll maupun colokan biasa, hanya saja kalau kabel roll seluruh stop kontaknya terletak di ujung kabel, dengan Klik It colokan bisa dipasang di mana saja di sepanjang rangkaian kabel. Pemasangannya mudah, tidak perlu mengupas kabel tapi bisa langsung dipasang tanpa menggunakan alat bantu apa pun.

“Kelebihan produk ini memang di kemudahan instalasinya. Tinggal kita rentangkan kabelnya lalu tarik di sepanjang perangkat listrik yang ingin kita pasang. Hasilnya lebih rapi, efektif, efisien, dan aman,” imbuhnya.

Satu rangkaian Klik It dapat digunakan hingga maksimal daya 1.500 watt. Asumsinya, bila kita menggunakan perangkat dengan daya listrik 250 watt, kita bisa pasang sebanyak enam colokan di rangkaian Klik It. Produk ini juga sudah berstandar ISO 9001-2008 dan lulus tes dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI). Harga produk ini mulai Rp100 ribu-Rp185 ribu dengan garansi enam bulan.