HousingEstate, Jakarta - Tiongkok masih akan menjadi jawara destinasi wisata di Asia Pasifik. Pasific Asia Travel Association (PATA) memproyeksi pada tahun 2018 Tiongkok akan dikunjungi 146 juta wisatawan. Naik 12 juta orang dibanding kunjungan tahun 2012 sebanyak 132 juta. Untuk mengantisipasi ledakan wisatawan itu negeri didirikan Mao Zedong it uterus membuat tempat-tempat destinasi baru.

Salah satu yang terbaru dan siap beroperasi pada tahun baru 2015 adalah Hello Kitty Park. Berlokasi di perbukitan Anji, Propinsi Zhejiang, dapat ditempuh dengan berkendaraan selama dua jam dari Shanghai, melewati jalan bebas hambatan baru.  Theme park ini memiliki luas 9,5 ha dan dibagi dalam lima zona yang merefleksikan lima elemen alam, yaitu kayu, api, air, logam dan tanah. Selain mengangkat tokoh kartun kenamaan asal Jepang yang diproduksi oleh Sanrio itu, Hello Kitty Park  ini akan didesain sebagai taman bermain dengan lansekap natural yang dapat mengguggah kreativitas dan imajinasi anak-anak.

Pengembanganya adalah Zhejiang New Insight Leisure Tourism Development Co dan menggandeng Hettema Group (California, AS), theme park designer specialist. Dibangun sejak tahun 2011, taman ini menelan biaya lebih dari 330 juta dolar AS atau  Rp4 triliun.

Taman ini sendiri dirancang untuk  menjadi “hadiah” ultah sang tokoh utama, Kitty White yang sudah berusia 40 tahun pada tahun ini. Tokoh ini diceritakan adalah seorang anak perempuan yang tingginya hanya lima buah apel dengan berat setimbang tiga buah apel. Punya golongan darah A, bersama orang tua dan saudara kembarnya, Mimi, tinggal di pinggiran London.

Adapun perbukitan Anji dikenal dengan julukan Bamboo Town of China dan di sekitarnya masih dipenuhi hutan alami. Itulah yang membuat daerah ini dinilai cocok dengan karakter si tokoh kartun tadi. Perbukitan ini, dalam beberapa tahun belakangan juga sangat menarik wisatawan dan dengan keberadaan Hello Kitty Park diharapkan bisa kedatangan sejuta wisawatan per tahunnya.

Sebelumnya, Sanrio sudah punya dua themepark yang juga bertema tokoh-tokoh kartunnya dan semua berlokasi di Jepang, yaitu Puroland dan Harmonyland. Setiap tahunnya, Puroland yang berkonsep indoor theme park bisa menarik pengunjung sebanyak 1,5 juta orang.

Seperti dikutip dari majalah Inpark, “Sanrio punya ratusan karakter dan masing-masing memiliki personalita yang unik. Semua itu sudah menjadi seperti kesatuan dengan kultur Jepang sejak beberapa dekade silam. Tugas kamilah untuk menampilkan keunikan setiap tokoh tadi, dalam sebuah wujud di taman ini,” kata Phil Hettema dari Hettema Group.

(Sumber: Dailymail)