HousingEstate, Jakarta - Pabrikan TV asal Jepang, Sharp, kembali meluncurkan televisi (TV) dari jenis tv pintar (smart TV) yang dilengkapi dengan sensor sense human yang disebut Cocoro Eye. Cocoro dalam bahasa Jepang berarti hati. Kepintaran TV ini mampu mendeteksi kegiatan penggunanya menyerupai indera manusia (sense of human).

“Produk ini kami hadirkan dengan fitur-fitur yang menarik dan canggih untuk memberikan pengalaman menarik kepada seluruh keluarga. Kami berharap dengan produk baru ini dapat meningkatkan market share smart TV kami dari 10,5 persen menjadi 15 persen dengan target penjualan 2.700 unit per bulan,” ujar Fumihiro Irie, President Director PT Sharp Electronics Indonesia, kepada housing-estate.com saat peluncuran produk ini di Jakarta, Rabu (10/12).

Ada tiga fitur canggih yang diusung Cocoro Eye. Pertama, smart power control yang bisa mendeteksi pergerakan pengguna sehingga TV akan menyala ataupun mati secara otomatis. Ketika pengguna menjauh maupun ketiduran, layar TV akan padam dan akan menyala lagi bila TV ditonton kembali. TV ini juga akan “berbicara” sebelum proses off otomatisnya.

Kedua, fitur assist light mode yang dapat menjadi senter bagi penghuni rumah ketika melewati ruangan dalam kondisi gelap. Ketiga, auto color adjustment yang dapat mengatur tingkat terang-gelapnya TV menyesuaikan warna-warnaa yang ditampilkan dengan kondisi ruangan. Fitur-fitur ini diklaim hanya dimiliki oleh Sharp.

Ditambahkan Herdiana Anita Pisceria, GM Product Planning Sharp Indonesia, aneka fitur ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna selain lebih menghemat penggunaan listrik. Produk smart TV layar lebar (big screen) pasarnya memang kecil, hanya sekitar 6 persen. Makanya harus ada reference baru kalau kita mau launching produk seperti ini, kalau hanya standar nggak akan dipilih konsumen,” imbuhnya.

Sharp Cocoro Eye diluncurkan dalam tiga tipe ukuran, 40, 60, dan 70 inchi seharga Rp7,5 juta-Rp48 juta. Produk ini akan mulai beredar di pasar pada akhir Desember 2014. Untuk mengimbangi produknya yang semakin canggih Sharp didukung layanan purna jual yang cukup luas dan lengkap.