HousingEstate, Jakarta - Anda mau liburan ke Jepang di tutup tahun ini? Jangan lewatkan kesempatan ini.  Sejumlah department store (depstore) di Tokyo, dalam musim obral tahun baru, mereka menyiapkan “lucky bags”, khususnya bagi pelancong asing.

Sejatinya hal ini bukan hal baru, bahkan sudah menjadi tradisi di Jepang. Upaya ini untuk menjerat wisatawan asing agar kian banyak belanja di Tokyo. Apalagi belakangan, kedatangan wisatawan asing ke Jepang kian meningkat.

Tas keberuntungan yang dalam bahasa lokalnya disebut fukubukuro itu diisi dengan sejumlah barang pilihan yang dijual dengan harga khusus. Setiap department store menyiapkan tas dengan isi yang beragam.

Fukubukuro

Fukubukuro

Sogo dan Seibu misalnya, menyiapkan 20 jenis fukubukuro di toko utamanya di Ikebukuro hanya pada tanggal 1 Januari 2015. Tas keberuntungan ini dijual di area khusus dekat gerai bebas bea dan area khusus cendera Jepang. Tas-tas itu akan diisi selendang, tas dan barang-barang lain dengan harga 5.000 yen atau sekitar Rp500.000.  Untuk yang berharga 10.000 yen akan diisi handuk mewah, sementara itu yang termasuk koper harganya berkisar 10.000-50.000 yen atau lebih dari dari Rp5 juta.

Sementara itu Isetan Mitsukoshi akan menjual fukubukuro yang diisi aneka makanan Jepang dan hanya ada di tokonya di Ginza. Daerah ini memang tenar dikunjungi orang asing. Cuma dijual pada tanggal 3 Januari, setiap tas akan diisi 13 barang, termasuk beras, sake dan permen ala Negeri Sakura. Harganya dipatok 4.320 yen atau sekitar Rp450.000. Adapun Takashimaya akan menjual fukubukuro pada tanggal 2 Januari, yang berisi kimono bergambar kuil-kuil di Tokyo, dengan harga 20.150 yen atau lebih dari Rp2 juta. Nta

(Sumber: Nikkei )