HousingEstate, Jakarta - Produsen bahan bangunan untuk produk papan kayu asal Thailand, Conwood, membuka pabrik di Cikarang, Jawa Barat, untuk memenuhi pasar Indonesia yang sangat besar. Conwood sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2012 dan tahun ini berinvestasi dengan membuka pabrik di atas lahan seluas 8 ha.

“Pabrik ini khusus untuk memenuhi pasar lokal Indonesia yang terus membesar untuk produk papan semen. Investasi untuk membuka pabrik ini mencapai 50 juta dollar AS dengan kapasitas produksi mencapai 3.000 ton atau 100 ribu m2 per bulan,” ujar Ferry Wiaga Djajaprawira, Senior Commercial Manager PT Conwood Indonesia, kepada housing-estate.com di acara Megabuild Jakarta, Kamis (19/3).

Pabrik Conwood ini baru digunakan untuk satu line produksi dan akan berkembang hingga lima line ke depannya. Dengan adanya pabrik di Indonesia, Conwood juga memungkinkan untuk membuat produk custom sesuai permintaan khususnya untuk beberapa developer yang telah melakukan kerja sama.

Conwood merupakan produk papan berbahan semen (70 persen) dan selulosa (30 persen) dengan tampilan dan sifat produk yang menyerupai kayu. Produk ini dapat digergaji maupun dibentuk seperti kayu namun dengan durabilitas melebihi kayu. Artinya lagi, produk ini bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor namun tidak akan lapuk maupun dimakan rayap seperti kayu.

“Saat ini kami memiliki empat kategori produk untuk lantai, dinding, plafon, dan dekoratif yang totalnya ada 16 item yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ketebalannya mulai 8 mm hingga 2,5 cm dengan lebar 7,5-30 cm dan panjang 3 meter, jadi bentuknya seperti papan kayu. Harganya Rp26.000 – 390 ribu/m2,” jelas Ferry.

Ferry mengklaim produknya ramah lingkungan karena mulai tahapan produksi sampai produk jadi semuanya dilakukan dengan standar ramah lingkungan. Misalnya penggunaan air daur ulang diproses produksinya selain bahan bekas hasil produksi digunakan kembali untuk memproduksi Conwood sehingga tidak ada material yang terbuang.

Cara pasanganya dibor seperti kayu pada layer yang sudah rata atau untuk dinding bisa juga dipasang pada rangka metal. Karena sifatnya yang seperti kayu, penggunaan produk ini bisa lebih luas dengan dijadikan furnitur seperti meja, kursi, dan lainnya.

“Kami juga menyelenggarakan lomba desain untuk rumah dan both stand Conwood untuk kalangan profesional maupun mahasiswa desain untuk periode 19 Maret-19 Agustus 2015. Total hadiah mencapai Rp100 jutaan. Lomba ini diadakan untuk merangsang kreatifitas peserta karena produk ini penggunaannya bisa sangat luas,” tandasnya.