HousingEstate, Jakarta - Tidak diragukan lagi properti sudah menjadi instrumen investasi yang sangat menarik. Di lokasi-lokasi yang dianggap prospektif penjualan properti laris manis. Sekitar tiga hingga empat tahun lalu harga properti di wilayah-wilayah pertumbuhan seperti Serpong, Tangerang, Banten, harga rumahnya bisa mencapai 30-50 persen per tahun. Bahkan tidak sedikit yang di atas itu.

Investasi seperti itu baru untung apabila propertinya dijual. Konsumen akan menangguk untung dari capital gain atau kenaikan harga. Konsumen sebenarnya bisa mendapatkan untung lebih dari itu apabila lokasi propertinya tepat. Ia bukan saja mendapatkan keuntungan dari capital gain tetapi juga dapat dana segar bulanan atau tahunan. Syaratnya, properti yang dibeli sangat berpotensi mendapatkan penyewa.

Salah satu kawasan yang sangat potensial mendapatkan penyewa adalah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Kawasan ini menjadi pusat industry terbesar di Indonesia. Sekitar 35 persen penanaman modal asing di sektor manufaktur berada di Cikarang. Di sini ada sekitar 21 ribu pekerja asing atau ekspatriat yang berekrja di sektor industri. Kebanyakan mereka dari Jepang dan Korea Selatan. Itu belum termasuk ratusan ribu pekerja lokal level manager dan supervisor. Jangan heran pasar sewa hunian, rumah dan apartemen, di Cikarang sangat tinggi.

Menurut Maikel Tanuwijaya, GM Sales Pollux Properties Indonesia, pengembang apartemen Chadstone Cikarang, penawaran apartemen di Cikarang masih kurang dibanding permintaan. Karena itu harga sewanya sangat tinggi. Ibaratnya membeli properti di Cikarang seperti membeli dengan harga Tangerang, disewakan dengan harga Sudirman. Ia menyebutkan apartemen tipe studio di Cikarang seharga Rp300 jutaan bisa disewakan Rp60 juta per tahun.

Sebagai perbandingan di kawasan bisnis Jakarta untuk mendapatkan sewa Rp250 juta per tahun apartemennya harus tiga kamar dengan harga Rp4-5 miliaran. Di Cikarang apartemen seharga Rp2 miliaran, bahkan kurang, bisa mendapatkan harga sewa sebesar itu.

Karena itu penjualan apartemen di Cikarang laku keras. Apartemen Orange County, Lippo Cikarang, satu tower habis hanya dalam satu dua bulan. Demikian juga Chadstone Cikarang, tower pertama sebanyak 760 unit langsung habis saat launching. Chadstone kini menyiapkan tower kedua sebanyak 912 unit. Tipenya studio (25 m2) dan 2 bedroom (42 m2) seharga Rp333 juta dan Rp555 juta.