HousingEstate, Jakarta - Program pembangunan sejuta rumah yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/4), langsung ditindaklanjuti di secara serempak di delapan provinsi. Di Jakarta groundbreaking dilaksanakan Perumnas yang akan membangun lima blok rumah susun sederhana milik (rusunami).

“Kontribusi Perumnas dalam program ini  sebanyak 5.439 unit, ini hanya di Cengkareng, Jakarta, dengan luas lahan 4,97 ha. Selain itu kami juga membangun di enam wilayah lainnya di seluruh Indonesia baik itu rusunami maupun rumah tapak,” ujar Himawan Arief Sugoto, Direktur Utama Perumnas, saat acara groundbreaking di Cengkareng, Jakarta, Rabu (29/4).

Rusunami di Cengkareng mencakup 18 tower setinggi 24 lantai.  Lokasinya di cluster A-8 yang sudah direncanakan untuk dibangun rusunami cukup lama. Untuk kelancaran pembangunan rusun di Jakarta Himawan mengharapkan dukungan dari Pemprov DKI Jakarta berupa kemudahan perizinan. Harapannya  rusun tersebut dapat segera dibangun dan ditempati.

“Investasi untuk proyek ini mencapai Rp1,5 triliun. Ukuran unitnya 36 m2 dengan harga Rp330 juta. Seluruhnya Perumnas akan membangun sebanyak 33.500 unit rumah tapak maupun rusunami khusus di tahun 2015 sebagai kontribusi yang bisa diberikan untuk program sejuta rumah,” tandasnya.