HousingEstate, Jakarta - Keinginan pengembang  di Banten untuk mempercepat pembangunan program sejuta rumah mendapat apresiasi pemerintan setempat. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno, berjanji membantu dan memberikan perlakuan khusus mereka yang mengembangkan proyek rumah bersubsidi di wilayah Propinsi Banten.

“Kami menyambut baik ikrar REI Banten untuk melakukan percepatan program sejuta rumah. Kami akan memberikan  kemudahan perizinan dan pengadaan infrastrukturnya, pokoknya ada special treatment untuk program ini,” ujar Rano di Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (3/6).

Rano mengatakan, Pemprov  akan membangun infrastruktur jalan ke perumahan dan mengadakan  transportasi umum apabila kondisi infrastrukturnya memungkinkan. “Penduduk di Banten bertambah 2,5 persen per tahun sehingga kebutuhan perumahannya juga besar. Untuk itu kami akan memperkuat koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota maupun instansi lain, pokoknya dukungan penuh untuk program ini,” imbuhnya.

DPD REI Banten menjanjikan akan membangun sebanyak 5.000 unit rumah murah yang terdiri dari 4.000 rumah tapak dan 1.000 unit rumah susun sederhana milik (rusunami).  Hunian sebanyak 5.000 unit ini merupakan target satu tahun dari target sekitar 12 ribu unit yang akan dibangun.