HousingEstate, Jakarta - Padatnya jadwal dalam perjalanan bisnis biasanya membuat orang abai akan hal-hal terkait dengan kesehatan dan kebugaran. Menu makanan tidak lagi dijaga, olah raga ringan pun tak sempat dilakukan. Padahal di hotel-hotel berbintang tersedia sarana kebugaran, seperti gym atau fitness center.

Menyadari hal tersebut, hotel ini tidak sekadar memberi fasilitas secara “pasif”. Melainkan membuat program khusus bagi para tamunya untuk tetap memperhatikan kebugarannya selama menginap di tempatnya. Cara yang dilakukan Epiphany Hotel yang berlokasi di pusat kota Palo Alto, California, AS ini adalah dengan bekerja sama dengan Jawbone.

Jawbone adalah produsen piranti keras dan lunak untuk pendukung gaya hidup bugar dan sehat berbasis teknologi informasi data. Produsen ini menciptakan sistem Jawbone UP® , yaitu aplikasi dan gadget yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk memasukkan data terkait olah raga, tidur dan makan. Jadi, misalnya berapa jarak tempuh jogging yang sudah dilakukan hari itu dan menu makan apa saja yang disantap. Sistem ini kemudian akan mengolah datanya dan memberi poin “kebugaran”.

Nah, dengan poin tersebut hotel butik yang berada dalam jaringan JDV Hotels ini memberi paket insentif hospitality. Paketnya antara lain, kemudahan untuk menggunakan gym di hotel dan sleep aid kit khusus di junior suite room. Para tamu yang sudah punya gelang Jawbone bisa langsung memprogramnya ketika check-in.

Untuk tamu yang belum punya, hotel akan menawarkan gelang UP2, produk teranyar Jawbone seharga 99 dolar AS (Rp 1,3 juta). Harga ini termasuk peta Palo Alto serta tempat-tempat penting dan menarik di kota yang berlokasi di Barat Laut Santa Clara County, California, San Francisco Bay Area. Termasuk data jumlah langkah untuk mencapainya, serta beberapa tips bugar yang langsung bisa diprogram ke dalam gelang tadi. Bagi pengguna Jawbone yang bisa menujukkan jumlah langkah tertentu juga bisa mendapat sajian gratis di restorannya yang menyajikan menu sehat dengan sumber bahan dari petani lokal.

ephiphany hotel palo alto1

Kerjasama antara the Epiphany Hotel dan Jawbone, menurut  hotel general manager Lorenz Maurer, karena, “Jawbone UP2 Finess Band sesuai dengan gaya hidup Palo Alto, yang mengusung hidup sehat dan bugar serta selalu up date dengan teknologi. “

Selain restoran dan gym center, the Epiphany Hotel mempunyai fasilitas spa, business center serta beberapa ruang rapat yang dirancang oleh tim arsitek IDEO. Kamarnya ada enam tipe dan semuanya dilengkapi dengan Malin & Goetz toiletries serta tempat simpan khusus laptop. Salah satu keunikannya, di setiap kamar tersedia sebuah kulkas kecil merek Smeg yang diisi aneka jus buah serta salad segar.

Kota Palo Alto sendiri adalah “pusat” dari Silicon Valley yang menjadi basis banyak perusahaan dari sektor teknologi informasi. Karena itu Palo Alto dihuni dan dikunjungi banyak kaum muda kosmopolitan modern yang melek teknologi. Kota ini disebut-sebut sebagai kota termahal di AS dan semua penduduknya punya tingkat edukasi tinggi.

(Sumber: Bloomberg, Jawbone, JDVHotels)