HousingEstate, Jakarta - Penting memastikan instalasi listrik di rumah sudah aman, karena korsleting listrik merupakan penyebab utama kebakaran pada rumah di perkotaan.

Kebakaran kian kerap terjadi di berbagai lokasi di kota-kota besar. Penyebab terbesarnya, korsleting listrik. Dari peristiwa itu kita makin disadarkan mengenai pentingnya keamanan instalasi listrik di rumah. Memang, yang memasang instalasi para instalatir listrik. Tapi, sebagai konsumen kita tetap perlu tahu prinsip pemasangan yang aman supaya kita bisa mengontrolnya. Apalagi, pemasangan instalasi listrik di rumah biasanya dilakukan tukang listrik biasa, bukan instalatir profesional yang tergabung dalam AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia). Berikut tips memastikan keamanan instalasi listrik di rumah.

PLN Hanya Pemasok

Instalasi listrik yang aman tidak terkait dengan PLN. PLN hanya pemasok listrik dengan tanggung jawab hingga meteran di rumah. “Sampai meteran itu jaminan keamanannya dari PLN. Dari meteran ke instalasi listrik di rumah safety-nya menjadi awareness pelanggan,” kata Alam Awaludin dari bagian Distribusi Metering PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang.

Artinya, kebakaran akibat korsleting listrik bukan tanggung jawab PLN, kendati katakanlah, arus yang naik turun mungkin saja berkontribusi terhadap hal itu. Kecuali kebakaran dipicu kerusakan meteran atau jaringan transmisi di luar, baru PLN bisa dimintai tanggung jawab.

Mini Circuit Breaker (MCB)

Kementerian Energi sudah membuatkan standar (SNI) pemasangan instalasi listrik yang aman yang dikenal dengan istilah PUIL (Peraturan Umum Instalasi Listrik). “Di situ diatur peraturan umum instalasi listrik, perencanaan, keamanan, dan lain-lain secara detail,” ujar Alam. Salah satu instrumen yang harus ada pada instalasi listrik menurut standar itu adalah MCB (miniature circuit breaker).

Arus listrik yang mengalir ke rumah bersifat dua arah (bolak-balik) dan berubah-ubah. Istilahnya alternating current (AC). Bila kedua arah arus yang berbeda itu saling menempel, misalnya karena isolasi (kabel)- nya mengelupas, akan terjadi percikan api. Inilah yang disebut korsleting atau hubungan arus pendek yang suka memicu kebakaran itu. MCB berfungsi sebagai pengaman, karena secara otomatis akan memutus arus bila terjadi korsleting. MCB juga otomatis memutus arus kalau ada kelebihan beban atau arus yang masuk melebihi daya yang bisa diakomodasinya. Jadi, pastikan listrik di rumah sudah dilengkapi MCB.

Next : Membagi Arus

Laman: 1 2 3