HousingEstate, Jakarta - Pembangunan perumahan di kawasan Bojongsari dan Sawangan, Depok, makin berkembang ke selatan di Parung, Bogor, dan sekitarnya. Terbatasnya lahan di Sawangan dan harga yang semakin tinggi membuat pengembang melirik kawasan Parung. Rumah Rp200 – 300 jutaan banyak ditawarkan di kawasan itu. Beberapa diantaranya juga menyediakan rumah murah bersubsidi seharga Rp100 jutaan.

Lokasi perumahannya setelah Pasar Parung arah Kota Bogor. Dari Pasar Parung sekitar 15 menit. Perumahannya antara lain Telaga Kahuripan, Ambar Kemang Regency, Bilabong Permai. Di Telaga Kahuripan Jl Raya Parung rumahnya berada di cluster Beranda Ganesha 2. Tipenya 22/60 seharga Rp126,5 juta. Dengan uang muka 10 persen angsurannya Rp899 ribu per bulan. “Konsumen dengan gaji Rp3 juta per bulan (sendiri atau joint income) bisa membeli rumah ini,” kata staf pemasarannya.

Telaga Kahuripan juga memasarkan rumah murah non subsidi di cluster Rosela. Di cluster ini tersedia tipe 29/78 dan 38/78 seharga Rp182 juta dan Rp209 juta. Berbeda dengan cluster sebelumnya, di cluster Rosela konsumen dikenakan PPN 10 persen dan bunga KPR 11,5 persen.

Ambar Kemang Regency tipe rumah dan harganya sama persis dengan Telaga Kahuripan. Perumahan di Pabuaran ini melansir tipe 22/60 Rp126,5 juta. Bedanya uang mukanya kecil Rp1,5 juta.

Bilabong Permai di Jl Raya Kemang-Parung memasarkan rumah murah non subsidi. Tipenya 29/60 seharga Rp149,5 juta (cash). Rumahnya sudah siap huni (ready stock). Menurut staf pemasarannya, uang mukanya 20 persen boleh dicicil empat kali. Melalui Jl Raya Tonjong ke Stasiun Bojong Gede sekitar 10 menit. Di dalam perumahan disediakan fasilitas kolam renang dan ruko.