Konsultasi

HousingEstate, Jakarta - I am from Singapore. I have a old house in Johor Bahru. I am a regular reader of your magazine (Housing Estate). Can you please sketch a design with entrance at the side. I would like to have a mushollah with open concept, double storey with 4 rooms all with attached toilet. 1 room for elderly parents on the ground floor I would like to refer your magazine dated November 2010 page 92. I am particularly attracted to the gazebo and musholla.

Regards, Zainal Abdeen Singapore

Dear Mr Zainal, thank you so much for your kind letter to us. Firstly we apologize because we will answer and published your letter this edition in bahasa Indonesia, for the convenience of our Indonesian readers. Secondly we hope you will accept our personal email about the home-design and details in full English. Last but not least, we’d like to wish you and your family a very Happy Iedul Fitri.

Fasad

Fasad rumah kali ini dipilih bertema ‘ekspos’. Finishing muka bangunan sebagian besar berupa permukaan dengan semen ekspos tanpa cat. Aksen fasad terlihat pada area dinding yang memakai bata merah ekspos berwarna natural. Detail lain terdapat pada kanopi jendela yang menunjukkan struktur baja bercat putih menopang material kaca transparan.

Kesan nyaman dan sederhana dengan banyaknya bukaan dan minimnya permainan warna, diharapkan dapat menampilkan hunian modern yang ramah lingkungan. Material kayu juga banyak digunakan untuk mencapai kesan elegan-natural.

Gazebo dan musala

Gazebo dan musala di tengah kolam

Gazebo dan musala di tengah kolam

Gazebo dan musala dirancang menjadi sudut unik dari rumah. Musala kami letakkan di tengah area kolam ikan dengan luas sekitar 9 m2. Arah kiblat dari musala ditandai dengan aplikasi vertical garden pada dinding belakang. Sebuah jalan setapak menghubungkan musala dengan gazebo di bagian tepi.

denah lantai bawah copy

Lantai satu

Area carport untuk satu mobil terletak di bagian depan hunian. Dari carport terdapat akses menerus ke arah teras dan pintu masuk utama. Ruang tamu dirancang luas dengan pembatas sekeliling berupa pintu lipat yang bisa dibuka-tutup. Suasana ruang tamu bisa lebih terbuka ketika seluruh pintu dilipat maksimal. Ruang makan terletak berdekatan dengan ruang tamu. Di area ruang keluarga terdapat pintu berjendela rooster yang menjadi akses ke taman samping. Di lantai satu juga ada dua kamar tidur dengan kamar mandi luar. Sebuah dapur dan area servis terletak di sudut belakang.

Lantai dua

Program ruang di lantai dua berisi tiga kamar tidur dilengkapi kamar mandi. Bukaan jendela di lantai ini dibuat besar-besar dan banyak, sehingga ruangan diharapkan akan sangat terang di siang hari walau tanpa lampu.

Tips

  1. Pengerjaan finishing semen ekspos memerlukan kehati-hatian dan keahlian yang cukup tinggi. Perhatikan periode waktu yang dibutuhkan pada tiap lapisan semen untuk mengering sempurna, agar tidak terjadi retak rambut atau permukaan yang tidak rata.
  2. Bata ekspos kini memiliki banyak pilihan di pasaran. Ada yang tradisional, ada pula berupa panel bata buatan yang sudah disusun sehingga memudahkan aplikasi pada fasad. Jika suka bata bisa dilapisi coating agar tampilan lebih indah dari warna aslinya. Coating juga bisa mencegah permukaan ekspos dari ancaman lumut atau cuaca ekstrim. Konsultasikan sejak awal finishing seperti apa yang anda inginkan dan mudah dalam perawatan.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, op.com/id/majalah/housing-estate” target=”_blank”>Scoop & Scanie.