HousingEstate, Jakarta - Kawasan Matoa hingga Krukut dan berlanjut hingga Jl Pramuka di dekat Jl Raya Sawangan, Depok, sejak beberapa tahun terakhir jadi salah satu sentra pengembangan hunian menengah di perbatasan Jakarta Selatan. Kawasan ini dilirik developer karena selain lingkungannya masih nyaman, letaknya cukup dekat dengan Jagakarsa, Jakarta Selatan, dan Cinere, Depok. Kedua kawasan itu sudah lama menjadi kawasan favorit tempat tinggal. Tapi karena lahannya semakin terbatas dan harganya melangit pengembangan perumahan bergeser ke Matoa, Krukut, dan Grogol.

Tapi harga rumah di beberapa kawasan itu juga semakin melejit rata-rata di atas satu miliar. Harganya terdongkrak mini realestat dan townhouse di Jagakarsa dan Pondok Labu yang dibandrol dua miliaran ke atas. Hanya beberapa yang cukup terjangkau kalangan menengah, antara lain The Green River View dan Mutiara Matoa Residence. The Green River View dikembangkan PT Safari Realty Selaras di Jl Rawakalong, Grogol, Depok, tidak jauh dari perumahan Vila Mutiara Cinere. Dari Cinere diakses melalui Jl Bukit Cinere – Jl Krukut – Jl Bulevar Vila Mutiara Cinere – Jl Rawa Kalong.

Perumahan seluas 1,5 ha yang sudah dihuni 20 KK ini memasarkan 183 unit rumah. Ada lima tipe yang dipasarkan 45/72 – 85/91 seharga Rp525 – 840 juta. “Harga tersebut sudah termasuk biaya BPHTB, PPN, Balik nama, kecuali biaya proses KPR,” ujar Syamsul, staf pemasaran The Green, kepada housing-estate.com saat survey lokasi, pekan lalu.

Menurut Syamsul, dari sekian banyak yang dipasarkan sudah terjual 6p persen. Layaknya hunian kaum urban, The Green menawarkan rumah modern minimalis. Tata ruangnya dirancang kompak dan efisien.

Mutiara Matoa Residence di Jl Aselih, Jakarta Selatan, segmennya sedikit lebih atas. Terkecil tipe 48/84 seharga Rp818 juta. Selebihnya adalah tipe-tipe hook seharga di atas satu miliar, antara lain 72/145 Rp1,3 miliar. Harga ini belum termasuk biaya AJB, BPHTB (5 persen), dan proses KPR. “Kami memasarkan 26 rumah sekarang tersisa Sembilan unit,” ujar Fachreza, staf pemasarannya.

Mutiara Matoa mudah diakses dari Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, melalui Jl Cilandak KKO – Jl Margasatwa – Jl M Kafi 1 – Jl Aselih.