HousingEstate, Jakarta - Konsumen yang mencari rumah dengan harga miring sebaiknya tidak memfokuskan pada rumah baru dari pengembang. Di perbatasan Jakarta Timur cukup banyak rumah seken yang ditawarkan dengan harga miring. Lokasinya masuk wilayah Bekasi tapi cukup dekat dengan Jakarta, misalnya di kawasan Bintara dan Cikas. Selain harganya kompetitif kawasan ini semakin menarik karena ada proyek jalan tol Bekasi-Kampung Melayu (Becakayu).

“Transaksi properti di perbatasan Jakarta Timur belakangan ini melesat. Bahkan kawasan banjir dan rumah kurang layak pun  diburu orang,” ujar Rina, broker properti LJ Hooker Grand Galaxy Bekasi, kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (3/2).

Rina menyebutkan animo konsumen yang cukup besar itu didorong harga cukup murah. Dengan renovasi sekitar Rp100 juta rumahnya sudah kembali bagus. Contoh lainnya di Bintara Alam Permai rumah tipe 100/140 sudah renovasi ditawarkan Rp850 juta. Penawaran tersebut jauh lebih murah dari tipe setara di Jakarta. Menurut Rina, pemiliknya mau menjual cepat karena rumahnya terancam dilelang bank.

Pertumbuhan harga lima tahun terakhir juga cukup signifikan. Di perumahan Cikas Galaxy, tahun 2010 rumah tipe 36/72  harganya Rp350 juta. Sekarang rumah tersebut di pasaran harganya Rp850 juta.  Rina menyebutkan lokasi lain yang cukup favorit di Bintara Alam Permai, kawasan ini hanya sekitar 500 meter  dari tol JORR, sementara ke Kalimalang, Pondok Kopi dan Stasiun Cakung kurang lebih 1-2 kilometer.

“Pokoknya sejak ada proyek LRT (light rail transit) dan tol Becakayu, properti di perbatasan Jakarta Timur jadi luar biasa. Tidak jarang dalam hitungan hari rumah sudah terjual,” tandasnya.