HousingEstate, Jakarta - Para pengembang terus bersiasat mengatasi kondisi pasar properti yang lesu berkepanjangan. Produk yang ditawarkan bukan sebatas ruko, apartemen, dan rumah biasa, melainkan  rumah kost (rukos). Properti investasi yang ditujukan kepada konsumen investor itu ditawarkan Sinar Mas Land (SML) di BSD City (6.000 ha), Serpong, Tangerang Selatan, Banten.  Rumah kost ini dikembangkan di cluster Anartha di kawasan Vanya Park.

Vanya Park merupakan kawasan pengembangan baru, sekitar 3 kilometer dari Courts Megastore di jalur BSD – Gading Serpong. Kelak kawasan ini juga akan terkoneksi dengan (Indonesia Convention Exhibition (ICE) di dekat AEON Mall. Anartha merupakan cluster keempat di Vanya Park, sebelumnya sudah dipasarkan tiga cluster hunian.

Menurut staf pemasarannya, rumah kost yang akan dibangun kurang lebih 200 unit. Bangunannya tiga lantai seluas  89 meter persegi, tanah 34 meter persegi (89/34). Ukuran kavelingnya 4,5 x 7,5 meter. Setiap lantai terdiri dua kamar dilengkapi satu kamar mandi dan kitchen.  “Untuk mengakses lantai atas setiap rumah dilengkapi tangga di bagian luar,”  ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (3/2).

Produk ini rencananya akan dipasarkan secara resmi pada akhir bulan ini. Untuk pembelian tunai keras harganya Rp980 juta. Pembelian dengan KPR bisa dapat harga sama asalkan depe 20 persen dilunasi sekali bayar. Apabila uang mukanya diangsur 20 kali harganya lebih mahal 16 persen dari harga tunai.

Rukost yang dipasarkan dalam kondisi fully furnished. Rumah sudah dilengkapi tempat tidur, almari, dan meja. Pendingin udara (air conditioned) belum ada. Menurut staf pemasarannya setiap kamar (2,75×2,75) tarif sewanya sekitar Rp1,5 juta per bulan. Apabila enam kamar seluruhnya tersewa pemilik mendapatkan pemasukan Rp9 juta per bulan. Rumah bisa disewakan per lantai.

Pasar sewanya cukup potensial karena lokasinya dekat dengan beberapa kampus di BSD, seperti Swiss German University (SGU), Prasetya Mulya Business School, dan Atmajaya. Itu belum termasuk karyawan yang bekerja di kawasan BSD dan Gading Serpong, misalnya di AEON Mall, Courts Megastore, ICE, dan lain-lain.

Berbeda dengan rumah biasa, di cluster Anartha tempat parkir disediakan terpisah di depan rumah. Parkirnya cukup memadahi sebanyak 270 lot pakir mobil dan 70 motor. Pengembang juga menyediakan tiga shuttle bus yang singgah di beberapa fasilitas publik, seperti mal, pusat perbelanjaan, kampus, dan stasiun. Pengembang menjanjikan rukost ini akan diserahkan 20 bulan setelah launching.

Tahun lalu SML  melansir produk serupa di cluster Regentown (4,2 ha) tidak jauh dari AEON Mall dan ICE. Harga rumahnya mulai seharga Rp1,7 miliar.  Kamarnya juga bisa disewakan seperti guest house. Sewanya bisa harian, mingguan atau bulanan. Akomodasi seperti, katanya, dibutuhkan di BSD City. Kamarnya bisa disewakan dengan tarif  Rp200-300 ribuan per malam.