HousingEstate, Jakarta - Produsen elektronik Sharp meluncurkan produk televisi (TV) terbaru beresolusi tinggi. Resolusi TV terbaru itu mencakai 8 K atau delapan kali kerapatan gambar TV HD (high definition). Sebelumnya produk TV yang beredar maksimal memiliki resolusi 4 K. Karena itu TV terbaru Sharp ini kualitas gambarnya sangat baik.

“Produk ini harganya mulai Rp129,9 juta. Kami hanya menargetkan penjualan 20 unit per bulan. Untuk seluruh produk TV target penjualan kami tahun ini sekitar 800 unit per bulan,” ujar Fumihiro Irie, President Director Sharp Indonesia, kepada housing-estate.com saat peluncuran TV 8 K di Jakarta, Rabu (3/2).

TV resolusi 8 K yang diluncurkan Sharp terdiri dua tipe 70 dan 80 inchi dengan platform Android TV (Smart TV). Selain resolusinya tajam TV ini juga bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya melalui koneksi internet. Sharp juga membenamkan teknologi Ultra Dynamic Range Pro untuk menghasilkan X8 Master Engine plus sistem LED backlight baru. Efek lainnya dari teknologi ini, rentang warna yang dihasilkan bisa 40 persen lebih luas dibandingkan TV biasa.

Teknologi canggih ini bekerja dengan cara menganalisis, mengoreksi, dan menyesuaikan brightness secara konsisten untuk menghasilkan tampilan gambar terbaik. Fitur lainnya adalah pada panel liquid crystal yang mampu meminimalisasi pantulan sinar dari luar untuk menjamin tampilan gambar pada TV tidak mengalami distorsi atau gangguan.

Fumihiro mengklaim teknologi TV 8 K itu baru diterapkan oleh Sharp. Produsen lain belum menerapkan atau baru tahap pengembangan. “Ketika merek lain baru pada tahap prototype, kami meluncurkan TV pertama di dunia dengan resolusi setara 8 K. TV ini juga mampu menyajikan warna-warna yang amat kaya, detil, dan super tajam dengan penerapan teknologi yang dimiliki oleh Sharp,” imbuhnya.

Fumihiro menyebutkan dengan peluncuran produk ini Sharp menyajikan rentang produk sangat luas. Konsumen dapat memilih produk sesuai segmentasinya. Potensi pasarnya TV premium ini juga akan berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi masyarakat.