HousingEstate, Jakarta - Kendala yang kerap dihadapi dalam hunian dengan luas terbatas, adalah mengatur pengisinya agar tidak menambah kesan sempit. Bagaimana mewujudkan ruang yang terbatas agar tetap terasa luas? Desainer interior Lavina Taurina dalam buku ”36 Rules Of Having A Room You Love” memberi beberapa tips memilih dan mengatur furnitur, dekorasi dan pewarnaan yang tepat. Yuk, ikuti aturannya!

  1. Pasang cermin. Anda perlu memberi dekorasi atau touch up pada cermin sehingga bisa memberikan nilai kemewahan. Penempatan cermin juga harus dipertimbangkan agar tidak memantulkan posisi yang ingin kita sembunyikan. Lebih baik jika cermin bisa membentang dari lantai ke plafon, efek pencitraan ruang ”palsu” akan lebih terasa.
  2. Jika membeli sofa atau kursi (loose furniture) belilah yang ukurannya sesuai dengan luasan ruang. Pilih sofa dua dudukan saja dan tambahkan puff (bangku tanpa sandaran) jika perlu. Atau puff bisa juga difungsikan sebagai meja. Akan lebih baik lagi jika sofa bisa berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan.
  3. Jika ruang sangat terbatas, sebaiknya meja makan dibuat sesuai ukuran (custom) dan menyatu dengan area dapur
  4. Kesan ringan juga bisa ditunjukkan oleh desain yang ramping. Misalnya, penggunaan rangka hollow stainless pada perabot yang memungkinkan desain ramping dan ringan namun tetap kokoh.
  5. Penempatan furnitur yang mepet ke dinding atau menggantung akan memberikan ruang kosong lebih banyak sehingga terasa luas.
  6. Warna muda memang paling aman untuk memberikan kesan luas. Jangan menggunakan tabrakan warna terlalu banyak dan gunakan hanya satu warna aksen di setiap ruangan.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh