HousingEstate, Jakarta - Tangerang, Banten, menjadi salah satu wilayah untuk penembangan rumah murah di sekitar Jakarta. Lokasinya terkonsentrasi di Tigaraksa dan Pasar Kemis di wilayah Kabupaten Tangerang. Dua kawasan ini sejak dulu menjadi pusat pengembangan rumah murah karena dekat dengan kawasan industri.  Pasar Kemis letaknya tergolong dekat dengan Kota Tangerang,  mudah diakses dari Jakarta Barat dan kawasan sekitar Bandara Sukarno Hatta. Sementara Tigaraksa kendati cukup jauh aksesnya lebih mudah menggunakan kereta komuter jurusan Maja – Tanah Abang. Karena itu perumahan di kawasan ini Tigaraksa masih layak jadi pilihan hunian para pekerja di Jakarta.

Perumahan murah yang tengah dikembangkan di Tigaraksa antara lain Griya Asri, Grand Harmoni, dan beberapa perumahan di sekitarnya seperti Mutiara Korelet 3 dan Savana Residence. Griya Asri lokasinya tidak jauh dari Golf Tigaraksa di selatan Kantor Pemkab Tangerang. Perumahan dari PT Mustika Putra Nusantara ini memasarkan tipe 29/60 Rp133,5 juta. Dengan uang muka Rp6,5 juta angsurannya Rp1 juta per bulan (15 tahun). “Tipe 29 dilengkapi dua kamar tidur, di belakang masih ada tanah kosong 3×6 meter untuk pengembangan,” ujar Diah, staf pemasarannya, kepada housing-estate.com di Jakarta, belum lama ini.

Grand Harmoni di Jl Syekh Mubarok, Pete, tidak jauh dari Kantor Kecamatan Tigaraksa, melansir tipe 30/60 Rp133,5 juta. Menuju Stasiun Tigaraksa sekitar 15 menit. Uang muka sebesar 5 persen dicicil 6 kali. Savana Residence dan Mutiara Korelet harga rumahnya sama Rp133,5 juta. Tipenya 29/60 dan 30/60. Savana Residence juga memasarkan hunian nonsubsidi tipe 36/72 Rp260 juta.

Di Pasar Kemis perumahannya terkonsentrasi di kawasan Rajeg. Kawasan ini berada di koridor menuju Mauk. Perumahannya antara lain Grand Sutera, Griya Bintang Mekarsari, Rajeg Gardenia, Redinland Tangerang. Griya Bintang Mekarsari melansir dua tipe 25/60 dan 30/60 dengan harga sama Rp126,5 juta. Keduanya dilengkapi dua kamar tidur. Pengembangan tahap pertama semuanya sudah terbangun dan terjual.

Rajeg Gardenia memasarkan tipe 30/60 Rp141 juta. Dua lainnya lebih terjangkau, Grand Sutera melansir tipe 32/60 Rp126,5 juta dan Redinland tipe 23/60 Rp122,7 juta. Dari beberapa perumahan itu menuju Jakarta Barat dan Bandara melalui Jl Cadas-Kukun Daon-Kota Bumi-Sanggego-KS Tubun-Daan Mogot. Sedangkan menuju Kota Tangerang melalui Jl Cadas – Jl Moh Toha.