HousingEstate, Jakarta - Cataluna atau Catalonia begitu populer seantero jagat. Wilayah Spanyol itu terkenal di kolong langit berkat klub sepakbola Barcelona yang penuh prestasi dan bertabur bintang. Popularitas inilah yang diambil Jababeka Residence, Cikarang, Jawa Barat, dengan mengembangkan cluster New D’Cataluna. Seperti namanya rumah yang dikembangkan bergaya Spanyol. Fasadnya didominasi batu alam terracotta dan bentuk-bentuk lengkung di atas bukaan berukuran lebar. Model atapnya perisai atau limasan dengan sudut kemiringan sedang.

Cluster yang letaknya berseberangan dengan Jababeka Green Market ini terdiri tiga tipe, 53/73, 63/73, 66/63.Kendati kavelingnya tidak besar tapi dengan lebar 7 meter bangunannya tampak lebih grand. Tipe paling kecil 53/47 dibandrol Rp649 juta dan 66/63 Rp818 juta. Menurut Santi, staf pemasaran Jababeka Residence, uang mukanya 30 persen diangsur enam kali. Konsumen bisa mengangsur depe lebih panjang 12-24 kali tapi harganya berbeda. “Harga tersebut include PPN tapi belum termasuk BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) dan biaya AJB,” ujarnya kepada housing-estate.com pada acara pameran properti di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (8/4).

D’Catulana terdiri atas 104 rumah dan ruko yang dibangun menghadap Jl Cipto Mangunkusumo. Dalam radius kurang dari 1 km terdapat sekolah Al Azhar dan Santo Leo, President University dan Sekolah Presiden, rumah sakit, dan Plaza Indonesia Jababeka.