HousingEstate, Jakarta - PT Metropolitan Kentjana (MK), pengembang kawasan elit Pondok Indah, Jakarta Selatan, fokus mengembangkan fasilitas komersial. Selain mengembangkan apartemen Pondok Indah (PI) Residences dan hotel bintang 5 (Intercontinental) yang pembangunannya sedang berjalan, Pondok Indah (PI) juga terus berekspansi di pusat perbelanjaan. Rencananya PI akan membangun Pondok Indah Mall (PIM) 3 untuk melengkapi dua mal yang sudah lebih dulu beroperasi, yaitu PIM 1 dan 2.

Menurut Wakil Direktur Utama MK Jeffri S. Tanudjaja, perkembangan industri ritel khususnya mal masih cukup bagus di tengah situasi industri properti yang tengah melemah. Ia menunjuk tingkat isian (okupansi) PIM mencapai 100 persen. Calon-calon penyewa (tenant) banyak yang waiting list. “Ketika situasi ekonomi bagus, ada 1-2 tenant yang mundur dari PIM, sekarang saat situasi kurang baik tenant yang perpanjang juga banyak,” ujar Jeffry  usai rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan MK di Jakarta, Kamis (12/5).

Pengunjung yang datang  tidak berkurang karena mal saat ini menjadi pusat entertainment. Karena itu MK tidak ragu mengembangkan PIM 3. Investasi membangun mal sekitar Rp1,5 triliun. Saat ini MK tengah konsentrasi pada pembangunan PI Residences dan hotel yang posisinya nempel PIM 2. Ketiga tower PI Residences progres pembangunannya sudah mencapai 50 persen. Selain itu PI juga akan membangun office tower dan townhouse di Jl RC Veteran, Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

“Kami melihat pengembangan mal masih sangat menarik dan sektor ini bisa mendorong perbaikan industri properti yang saat ini situasinya lagi steady.  Di PIM setiap perpanjangan sewa harganya naik 15 persen dengan jangka waktu 3-5 tahun,” pungkasnya.