HousingEstate, Jakarta - Seperti Bandung, Kota Bogor menawarkan tempat kuliner yang cukup beragam dan terkenal sejak lama. Khususnya di koridor Surya Kencana (Surken), di sepanjang jalan ini terdapat tempat kuliner legendaris yang sudah buka sejak lama dan dijamin tidak akan ditemui di Jakarta dan tempat lain. Berdasarkan ulasan web kuliner Qraved yang diterima housing-estate.com, Sabtu (20/8), jangan lupa mencoba satu persatu 7 tempat kuliner paling legendaris di kota hujan ini.

1. Bihun Bakso Kang Amin

Lokasinya di Surken No. 273 yang menghidangkan bakso lezat dengan bihun yang sangat lembut yang pasti akan menggugah selera. Kendati kelasnya bakso gerobakan, jangan ditanya soal rasanya dan silahkan dicek, rata-rata pengunjungnya adalah konsumen setia yang selalu balik lagi ke tempat ini untuk menikmati bakso halus dengan kuah yang sangat gurih. Jangan lupa untuk datang lebih pagi karena menjelang siang bakso Kang Amin sudah habis.

2. Soto Mie Agih

Soto Mie Agih

Soto Mie Agih

Mie yang satu ini khusus bagi kalangan non muslim karena dagingnya menggunakan daging bakut babi. Kuahnya sangat gurih dipadukan dengaan mie lembut yang sangat pas di lidah.

3. Ngo Hiang Gank Aut

Ini juga panganan berbahan daging babi lainnya. Ngo hiang merupakan panganan cemilan yang terbuat dari tepung, daging babi, dan udang. Citarasa panganan ini sangat khas terlebih bila dimakan dengan mencocol saus kecap kental manis yang membuatnya menjadi sangat lezat.

4. Combro Gank Aut

Masih di Gank Aut, combro ini disebut yang paling enak yang pernah dicoba orang. Teksturnya sangat garing dan empuk di bagian dalamnya dengan isi yang meluah. Banyak yang rela dari luar Bogor hanya untuk mendapatkan combro ini dan dimakan dengan menggigit cabe rawit makan rasanya akan semakin semriwing.

5. Soto Mie Ciseeng

Soto Mie Ciseeng

Soto Mie Ciseeng

Soto mie ini juga sangat legendaris dan banyak dicari orang se-Bogor dan wilayah lainnya. Daging sapinya sangat lembut dengan porsi yang cukup banyak sehingga membuat orang yang memakannya merasa puas. Tak heran kalau Bogor dijadikan kota dengan soto enak yang paling banyak dibandingkan wilayah lainnya.

6. Toge Goreng Mak Evon

Selain soto, toge goreng juga merupakan kuliner khas andalan Bogor yang disukai banyak orang. Bedanya, toge goreng Mak Evon ini sudah terkenal sejak 40 tahun lalu sehingga sangat legendaris. Mungkin salah satu rahasia kelezatan toge goreng Mak Evon adalah cara masaknya yang masih menggunakan kayu bakar hingga saat ini.

7. Laksa Bogor Ibu Lily

Bukan hanya Jakarta yang terkenal dengan laksa Betawinya, di Bogor juga ada laksa yang nendang banget rasanya. Campuran oncom plus kuah laksa dengan berbagai bumbunya yang khas, dijamin panganan ini akan bikin kita ketagihan.