HousingEstate, Jakarta - Wilayah Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi salah satu kantong pengembangan hunian murah di sekitar Jakarta (Jabodetabek). Selain untuk meladeni para pekerja industri di sekitarnya dan karyawan di Tangerang, mereka juga membidik para pekerja di Jakarta.  Kendati cukup jauh dari Jakarta akses dan transportasinya mudah dengan kereta komuter.

Ada beberapa perumahan bersubsidi yang dipasarkan, antara lain Griya Asri, Flamboyan Garden 2, Triraksa Village 2, Golden Kirana. Harga rumahnya berkisar Rp130 – 141 juta. Bangunan rumahnya 29-30 m2, kaveling 60 m2 (29/60 dan 30/60). Dari beberapa perumahan tersebut ke stasiun Tigaraksa sekitar 10 menit. Dengan periode kredit 15-20 tahun angsurannya kurang dari Rp1 juta per bulan.

Uang mukanya variatif 5 – 10 persen dengan bunga bersubsidi sebesar 5 persen. Griya Asri salah satu yang bisa dibeli dengan DP 5 persen, tipe 29/60 Rp133,5 juta depe-nya Rp6,5 juta. “Angsurannya hanya Rp800 ribuan per bulan,” ujar Suprihadi, staf pemasarannya kepada housing-estate di Jakarta, belum lama ini.

Harga yang ditawarkan beberapa perumahan itu belum termasuk BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) dan biaya proses KPR. Seperti rumah murah pada umumnya dinding menggunakan batako, kloset jongkok, keramik lantai 30×30 cm, dan daun pintu triplek.