HousingEstate, Jakarta - Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur, tercatat sebagai bagian dari pemecahan rekor dunia yang dicatat Guiness Book of Records. Pada acara Jakarta International Kite Festival (JIKF) yang berlangsung di JGC, 7-9 Oktober 2016 terjadi pemacahan rekor layang-layang terbesar di dunia (The Biggest Leaf Kite). Layang-layang tradisional Muna, Sulawesi Tenggara, itu tingginya empat meter.  Sebelum dicatat dalam Guiness Book of Records, layang-layang yang terbuat dari daun hibiscus (gadung) dengan rangka bambu itu diukur lebih dulu dan diterbangkan selama 20 menit.

JIKF 2016 bagian dari TAFISA World Games ke-6 yang berlangsung di Indonesia pada 6-12 Oktober 2016. TAFISA (The Association for International Sport for All ) Games adalah kegiatan olahraga masyarakat non-olimpiade. TAFISA menghimpun jenis olah raga tradisional dan unik, seperti layang-layang, sepak takraw, panahan tradisional, jetski, eggrang, terompah, dan lain-lain.

JIKF yang berlangsung di area terbuka dekat hutan kota JGC itu diikuti 140 pelayang dari 18 propinsi dan peserta dari 21 negara, antara lain Jerman, Belgia, Jepang, Turki, Kolumbia, Belanda, Singapura, India, Australia. “Festival layang-layang ini kegiatan tahunan, kita berterimakasih dapat dukungan dari JGC karena mencari tempat lapang di Jakarta untuk bermain layang-layang semakin sudah,” ujar Sari Madjid, Ketua Yayasan Masyarakat Layang-layang Indonesia, di sela-sela acara di Jakarta, pekan lalu.

Hyronimus Yohanes, GM Marketing JGC, mengatakan pihaknya mendukung kegiatan JIKF sebagai bagian dari upaya melestarikan tradisi dan budaya bangsa. “Kita juga ingin menunjukkan kepada publik bahwa komitmen yang kami janjikan kami wujudkan. Tahun depan AEON Mall akan beroperasi, sekarang pembangunannya sudah lantai empat,” katanya.

Sejalan dengan progres pembangunan mal JGC akan meluncurkan produk-produk baru pada akhir atau awal tahun depan. Perkembangan JGC diperkirakan bakal lebih cepat dengan adanya calon-calon investor yang akan masuk. Astra Land dan HongKong Land sudah menandatangani kesepahaman dengan Modernland Realty untuk mengembangkan kawasan seluas 70 ha di JGC. Selain itu sebuah brand internasional terkenal konon juga akan segera masuk JGC.