HousingEstate, Jakarta - Kalangan pengembang melakukan berbagai upaya untuk mennyiasati melemahnya pasar properti. Selain memasarkan rumah sebagian pengembang  menjual kaveling siap bangun tanpa rumah sehingga harganya lebih terjangkau. “Ini salah satu strategi supaya bisnis bisa tetap jalan dan jualannya juga bisa lebih cepat,” ujar Ina, staf pemasaran PT Lintas Cipta Development (LC Development), perusahaan pengembang di Jakarta saat berbincang dengan housing-estate.com, Kamis (10/11).

LC Development adalah pengembang sejumlah proyek townhouse di Jakarta Selatan. Kendati hanya menjual kaveling pengembangnya menyiapkan beberapa gambar arsitektur yang dapat dipilih konsumen. Salah satu yang dipasarkan kaveling di townhouse Hira House di Jalan Intan, Cilandak. Ukuran kavelingnya mulai 200 m2 seharga Rp32 juta/m2. LC Developmnet juga memasarkan kaveling berikut rumahnya tipe 280/228 seharga Rp9 miliar.

Penawaran lebih kompetitif di Jalan Taman Cilandak di belakang showroom Ford.  Di sini harganya Rp25 juta/m2, tersedia kaveling ukuran 134, 139, dan 144 m2. Seperti sebelumnya penjualnya menyiapkan desain arsitektur dan dapat menggunakan tenaga kontraktor dari pengembang.

“Jadi kita lebih fleksibel untuk menyiasati situasi pelemahan bisnis properti. Konsumen juga bisa membeli kaveling ini dengan menggunakan KPR  atau mencicil ke pengembang. Bedanya kalau pakai KPR kavelingnya harus  dibangun dalam waktu 2 tahun, kalau cicil ke pengembang bisa lebih fleksibel,” imbuh Ina.