HousingEstate, Jakarta - Kemenangan partai Republik yang mengusung Donald Trump sebagai Presiden AS ke-45 membuat cemas banyak orang. Selain sosoknya kontroversial banyak yang mempertanyakan kebijakan dan  kelanjutan bisnisnya. Dikenal sebagai pebinis properti, aset dan jaringannya sudah menggurita ke segala penjuru dunia, termasuk Indonesia dan India. Jika di Indonesia belum diketahui kelanjutannya tidak demikian dengan di negaranya Shahrukh Khan itu.

“India mungkin negara dengan jumlah proyek realestat mewah Trump terbanyak di luar Amerika Utara,” kata Kalpesh Mehta, managing partner Tribeca Developers, perwakilan perusahaan properti Trump di India. Di sini, lanjut Mehta, Trump sedang mengembangkan lima proyek dengan biaya pembangunan sebesar 1,5 miliar dolar AS atau hampir Rp 20 triliun. Dua proyek di antaranya sed ang dalam tahap penjualan, dan satu proyek bahkan sudah siap diserahterimakan. “Tiga proyek lain akan dilansir tahun depan,” ungkap Mehta, seraya menambahkan bahwa pihaknya akan terus mencari kesempatan untuk berinvestasi di India.

Selain tiga proyek tersebut, dua lainnya adalah proyek apartemen dengan menara kembar setinggi 46 lantai di Pune yang dikembangkan bersama Panchshil Realty dan sebuah proyek apartemen di Lower Parel, Mumbai (300 unit) yang dikembangkan bersama Lodha Group. Semua proyek tersebut masuk kategori apartemen mewah.

Menurut Mehta, kedua proyek di Pune dan Mumbai berkinerja bagus, baik dalam harga maupun penjualan. Proyek di Mumbai, harganya sudah naik 35 persen, bahkan yang di Pune harganya 60 persen lebih tinggi daripada harga proyek setara di sana. Tidak heran kalau kedua mitra lokal Trump bisa meraup banyak keuntungan dan berencana untuk bekerja sama lagi.

“The Trump Organization menilai Lodha Group sebagai mitra yang memberi nilai positif dan berharap bisa bekerjasama lagi untuk mengembangkan proyek lain di Trump Tower Mumbai. Dengan mereknya yang sudah ternama, Trump memberi nilai lebih bagi konsumen India,” kata Abhishek Lodha, managing director, Lodha Group. Di India, semua proyek Trump dikelola oleh Abhijit Joshi of Veritas Legal.

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh Sagar Chordia, director of Panchshil Realty. Katanya, “Hubungan bisnis ini menguntungkan tidak hanya bagi kami juga buat konsumen. Donald Trump sendiri member sentuhan pada detilnya. Karena itu kami dengan bangga akan mengenalkan proyek baru lainnya dan diharapkan juga seberhasil proyek sebelumnya, di mana juga pertama bagi Trump masuk India.” Tarif sewa apartemen Trump’s Pune tercatat tertinggi sekota itu, Dua unit di antaranya disewakan kepada dua aktris ternama India, Rishi Kapoor dan Ranbir Kapoor, seharga Rs530 ribu/bulan (Rp105 juta/bulan) dan Rs400 ribu/bulan (Rp79,5 juta per bulan).

Di awal tahun, Donald Trump Jr, anak Donald Trump yang bertindak sebagai executive vice president Trump Organization, mengatakan, “Kami sudah sukses di dua proyek di Pune dan Mumbai, karena itu kami akan mengembangkan juga di utara dan timur. Kami berharap bisa terus mengembangkan proyek-proyek di kota-kota lain di India.” Konglomerat dunia ini membidik kota-kota utama India, seperti Bengaluru, Chennai, Hyderabad dan Goa, untuk membangun properti super mewah.

Sumber: Economic Times