HousingEstate, Jakarta - Menyambut Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November Synthesis Development merilis sebuah film pendek Ayah Pahlawanku dengan menggandeng XS Projects, sebuah organisasi non profit yang bekerja untuk meningkatkan kehidupan keluarga pemulung di Jakarta. Film pendek ini sendiri mengangkat kisah hidup seorang anak pemulung yang mengagumi dan meneladani semangat ayahnya.

“Ide membuat film pendek mengenai Ayah Pahlawanku ini tercetus ketika Synthesis mulai bekerja sama dengan XS Project. Kerja sama ini kami memberikan materi promosi dari bahan flexy atau vinyl yang sudah tidak digunakan yang digunakan oleh XS Project sebagai bahan utama untuk memproduksi karya daur ulangnya,” ujar Teresia Prahesti, Corporate Public and Media Relation Manager Synthesis Developmetn, dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com, Minggu (13/11).

Yang membuat program ini menarik, jelas Teresia, orang-orang yang bekerja di XS Project sebagian besarnya dahulu adalah pemulung. Setelah bergabung dengan XS Project dan mulai berkreasi mendaur ulang barang bekas menjadi lebih bernilai, secara otomatis meningkatkan perekonomian kalangan pemulung.

Added value lainnya dari XS Project adalah, setiap produk yang dihasilkan apakah berupa dompet, tas, dan lainnya yang sebagian keuntungannya juga digunakan untuk membiayai pendidikan anak-anak pemulung yang menjadi dampingan XS Project. Film pendek yang diproduksi ini juga terinspirasi dari kisah nyata seorang anak pemulung terhadap ayahnya.

“Program ini juga wujud dari kampanye Empowering Our Nation yang kami usung. Prinsipnya, kami bukan hanya mengembangkan proyek tapi ingin berbagi inspirasi positif dan semangat salah satunya dengan film pendek yang bisa disaksikan melalui kanal Youtube maupun media sosial resmi milik Synthesis,” imbuhnya.

Ada adegan yang cukup menyentuh pada film pendek ini. Betapa sang anak sangat menganggumi sosok ayahnya yang bisa membuatnya tersenyum maupun sedih namun pada keseluruhan hidupnya selalu tersenyum, bersemangat, tegar, dan selalu bersyukur pada setiap saat. Yudis