HousingEstate, Jakarta - Jangan terlalu lama menunda beli rumah. Selain harganya bakal semakin mahal dan tambah jauh, saat ini masih ada sejumlah perumahan yang harganya terjangkau. Uang mukanya juga ringan 5 persen. Di Parung, Bogor, dan kawasan sekitarnya setidaknya ada tiga perumahan yang memasarkan rumah bersubsidi seharga Rp100 jutaan. Lokasinya di Ciseeng dan Cibentang, sekiar 10-15 menit dari Pasar Parung. Perumahannya adalah Vila Gading Royal 3, Grya Elok, dan Cibentang Indah Residence.

Griya Elok dan Cibentang Indah memasarkan tipe 30/60 seharga Rp126 juta. Harga tersebut belum termasuk biaya proses KPR dan BPHTB (Bea perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan). Dari ketiga perumahan itu Cibentang Indah paling jauh. Dari Pasar Parung melalui Jl Mawi-Jl Cibentang. Dengan DP 5 persen angsurannya selama 20 tahun Rp800 ribuan/bulan. Karena itu perumahan ini terjangkau mereka yang punya gaji Rp3 juta per bulan.

Grya Elok yang dikembangkan PT Devinty di Jl Cileuteung Muara, Ciseeng, dikembangkan dalam dua tahap masing-masing 2,5 ha. Tahap II sebanyak 100-an unit mulai dipasarkan sejak Mei 2016. “Rumah yang kami bangun dobel dinding dan uang mukanya dapat dicicil tujuh kali,” ujar staf pemasarannya kepada housing-estate.com di Parung, pekan ini.

Sementara Vila Gading Royal 3 di Jl H Mawi melansir tipe 22/60 Rp141 juta. Harganya lebih tinggi karena lokasinya lebih dekat, sekitar 3 km dari Pasar Parung. Dari 150 unit yang dipasarkan tinggal 20 unit. Uang mukanya Rp26,5 juta diangsur enam bulan. Pembangunan rumah diperkirakan selama satu tahun.