HousingEstate, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Terminal Terpadu Pulo Gebang di Cakung, Jakarta Timur, pada tanggal 20 Desember 2016. Ini merupakan terminal yang direvitalisasi dengan cukup megah dan disebut sebagai terminal terbesar di Asia Tenggara dengan bangunan 4 lantai yang lebih menyerupai mal ketimbang terminal.

Luas terminal ini mencapai 14,5 ha yang akan melayani hampir seluruh moda transportasi darat (intermoda) mulai bus, angkot, kereta, Transjakarta, hingga taksi. Dibangun 4 lantai  dengan fasad banyak kaca, terminal ini dilengkapi juga dengan eskalator, lift, pintu otomatis, pendingin ruangan, hingga fasilitas kamera pengawas (CCTV).

Menurut Kepala Satuan Pelaksana Sarana dan Prasarana Unit Pengelola Teknis (UPT) Terminal Terpadu Pulo Gebang Piten Sagala, gedung terminal ini dibagi ke dalam 4 blok yang setiap blok memilii fungsi tersendiri. “Blok A untuk tempat istirahat para awak bus jarak jauh, Blok B untuk ruang tunggu penumpang, Blok C untuk gedung area kedatangan bus jarak jauh, dan Blok D untuk gedung bus Transjakarta,” ujarnya saat memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (9/12).

Bus Transjakarta yang berada di Blok D ini akan melayani penumpang untuk rute Kampung Melayu-Pulo Gebang (koridor 9). Di tempat ini juga disediakan kios-kios untuk memenuhi kebutuhan penumpang walaupun saat ini belum seluruh kios terisi. Beberapa fasilitas seperti eskalator juga masih banyak yang belum beroperasi selain papan keterangan elektronik yang juga belum beroperasi.

Hal ini menurut Piten akan segera dilengkapi sebelum terminal ini diresmikan oleh Jokowi karena saat ini memang masih banyak fasilitas yang bentuknya masih berupa simulasi sehingga belum bisa dioperasionalkan. Aktivitas penunpangnya juga masih relatif sepi padahal terminal ini sudah difungsikan sejak setahun lalu sebelum diresmikan secara resmi pada 20 Desember nanti.

“Akses jalan untuk ke terminal ini memang masih kurang makanya kios di dalam juga masih sepi. Belum lagi masih banyaknya terminal bayangan yang beroprasi di sekitar sini dan itu yang akan dibenahi dengan diresmikannya terminal terpadu ini selain seluruh fasilitiasnya juga terus dibenahi,” imbuhnya.